Selasa 17 Oct 2023 17:27 WIB

Efek Samping yang Mungkin Dirasakan Setelah Disuntik Vaksin Flu

Tubuh setiap orang merespons vaksin flu secara berbeda.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang wanita mengalami flu (ilustrasi). Setidaknya ada 10 efek samping yang bisa dirasakan tubuh setelah mendapatkan vaksinasi flu.
Foto: Republika/Mardiah
Seorang wanita mengalami flu (ilustrasi). Setidaknya ada 10 efek samping yang bisa dirasakan tubuh setelah mendapatkan vaksinasi flu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vaksin flu dirancang untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan membangun antibodi terhadap virus. Sebagian orang tidak mengalami apa pun setelah divaksinasi, tapi ada juga yang merasakan efek samping tertentu seusai mendapatkan vaksin flu.

Kepala petugas medis Population Health, Michael Hanak, tubuh setiap orang merespons vaksin flu secara berbeda, tergantung pada banyak faktor. Efek itu bisa merupakan tanda bahwa tubuh memproduksi antibodi dan menghasilkan respons imun. 

Baca Juga

Berikut adalah 10 efek samping yang bisa terjadi setelah seseorang mendapatkan vaksin flu. Meski demikian, perlu diingat bahwa vaksin tetap bermanfaat dan menjadi pertahanan terbaik untuk tetap sehat, dikutip dari laman Women's Health, Selasa (17/10/2023):

1. Nyeri bahu

 

Jika seseorang menerima vaksin flu sebagai suntikan intramuskular (biasanya di lengan), kemungkinan besar bisa terjadi nyeri otot di lengan atas. Itu karena jarum disuntikkan langsung ke otot, menyebabkan kerusakan mikroskopis pada sel, dan dirancang untuk menimbulkan respons peradangan sistem kekebalan. 

2. Kemerahan atau bengkak

Menusuk kulit dan memasukkan sesuatu ke dalam tubuh dapat menimbulkan reaksi topikal, tanda bahwa sistem kekebalan sedang aktif. Efek samping itu umumnya hanya berlangsung beberapa hari dan akan hilang dengan sendirinya. 

3. Nyeri tubuh

Vaksin apa pun dapat menyebabkan nyeri pada tubuh karena cara vaksin tersebut mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Apabila nyeri tubuh berlangsung, atasi dengan istirahat, minum banyak cairan, dan konsumsi asetaminofen. 

4. Reaksi alergi

Meskipun sangat jarang terjadi, reaksi alergi setelah menerima vaksinasi flu mungkin saja terjadi. Pengobatan atau vaksinasi apa pun berpotensi menimbulkan efek buruk alergi, termasuk reaksi parah yang mengancam jiwa.

Dalam beberapa kasus, hal ini bisa terlihat seperti gatal di tempat suntikan, ruam di seluruh tubuh, atau tanda syok anafilaksis, yang memerlukan perhatian medis segera. Dalam kasus yang lebih parah, pasien mungkin mengalami gatal-gatal, mengi, sesak napas, detak jantung cepat, dan pusing dalam beberapa jam setelah menerima vaksin.

5. Demam

Demam akibat vaksin flu biasanya ringan, kurang dari 38,3 derajat Celsius. Hal yang harus dilakukan jika mengalami demam setelah vaksin flu adalah minum cairan dingin, tetap terhidrasi, dan minum asetaminofen hingga demam mereda.

6. Pusing hingga pingsan

Menurut pakar, ini bukan efek samping dari vaksin, melainkan lebih merupakan efek samping dari fobia jarum suntik. Hanak menyarankan untuk memantau tekanan darah sebelum vaksin dan tetap terhidrasi.

7. Sakit kepala

Sakit kepala termasuk dalam daftar resmi potensi efek samping vaksin flu. Tidak perlu panik, sebab itu hanya bagian dari reaksi kekebalan terhadap vaksin. Minumlah banyak cairan dan konsumsi asetaminofen sampai sakit kepala mereda.

8. Mual

Ada sebagian orang yang setelah mendapat vaksin jenis apa pun mengalami beberapa gejala gastrointestinal, termasuk mual. Hal ini sering dikaitkan dengan kecemasan atau bagian dari respons tubuh terhadap vaksin. Kondisi ini biasanya menghilang dengan cepat serta bisa diatasi dengan konsumsi suplemen jahe atau perubahan pola makan.

9. Sindrom Guillain-Barre

Sindrom Guillain-Barre (GBS) adalah kelainan autoimun yang dipicu oleh berbagai hal, mulai dari vaksin hingga infeksi virus. GBS mengimbas sistem saraf, mengakibatkan gejala seperti kelemahan otot, mati rasa, kesulitan berjalan, gaya berjalan yang janggal, bahkan kelumpuhan. Kebanyakan orang pulih sepenuhnya dari gangguan ini, dengan masa pemulihan berkisar dari enam bulan hingga tiga tahun. Namun, pasien yang mengalami ini setelah vaksin flu sangat jarang, yakni satu atau dua kasus per jutaan orang.

10. Kelelahan

Efek samping vaksinasi flu lainnya adalah kelelahan dan pilek. Sama seperti gejala lain yang berasal dari respons imun tubuh, gejala ini biasanya hanya berlangsung sebentar. Untuk mengatasinya, minumlah banyak cairan, istirahat, dan gunakan dekongestan hidung.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement