Kamis 12 Oct 2023 23:06 WIB

Gitar Kurt Cobain dan Eric Clapton Dilelang, Siapa Berminat?

Kedua gitar ini diprediksi bisa terjual 1 juta-2 juta dolar AS.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Kurt Cobain saat tampil di MTV Unplugged pada 1993. Gitar Kurt Cobain akan dilelang.
Foto: Time.com
Kurt Cobain saat tampil di MTV Unplugged pada 1993. Gitar Kurt Cobain akan dilelang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua gitar ikonik yang digunakan oleh Kurt Cobain dan Eric Clapton akan dilelang pada November 2023. Kedua gitar ini diprediksi bisa terjual hingga 1 juta-2 juta dolar AS atau sekitar Rp 15,7 miliar-Rp 31,4 miliar per gitar.

Gitar milik Clapton yang akan dilelang merupakan gitar The Fool. Gitar ini dihiasi dengan lukisan penuh warna yang menggambarkan era psikedelik.

Baca Juga

Selain tampilannya yang menawan, gitar ini juga memiliki suara yang sangat unik. Clapton mendapatkan gitar ini dari anggota The Beatles, George Harrison, setelah gitar milik Clapton dicuri orang.

"Itu adalah gitar yang dia (Clapton) gunakan untuk menciptakan woman tone yang sangat terkenal, yang banyak dimainkan oleh pemain gitar saat ini dan dikreasikan ulang selama 50 tahun terakhir ini," ujar Julien's Auctions, Martin Nolan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (12/10/23).

 

Sepanjang kariernya, Clapton telah menghasilkan banyak karya hit seperti "Bell Bottom Blues", "Cocaine", dan "Layla". Gitaris berusia 78 tahun tersebut juga telah memenangkan 18 Grammy Awards.

Sedangkan gitar milik Cobain yang akan dilelang adalah SkyStang I. Gitar ini dimainkan oleh Cobain saat melakukan pertunjukan publik terakhirnya dalam tur konser "In Utero" bersama bandnya, Nirvana.

Semasa hidupnya, sangat sering menggunakan "SkyStang I" di berbagai tur konser. Tak hanya itu, gitar ini masih memiliki senar yang sama seperti saat gitar ini digunakan oleh Cobain.

Bahkan, plester hitam yang ditempelkan oleh Cobain pada gitar tersebut juga masih ada. Cobain menempelkan plester tersebut untuk menutupi merek gitar yang dia gunakan.

"Kurt (Cobain) membenci sponsorship perusahaan dan branding perusahaan," tambah Nolan.

Sejauh ini, rekor tertinggi pelelangan gitar masih dipegang oleh gitar Martin D-18E milik Cobain. Gitar ini pernah digunakan oleh Cobain saat melakukan pertunjukan musik di MTV Unplugged pada 1993. Pada Juni 2020, Martin D-18E dilelang dan berhasil terjual dengan harga lebih dari 6 juta dolar AS atau sekitar Rp 94,3 miliar.

Pelelangan yang digelar oleh Julien's Auctions juga akan menghadirkan beberapa benda lain milik Cobain. Sebagian di antaranya adalah kardigan, celana jeans, dan sekotak rokok yang Cobain tinggalkan di tempat rehabilitasi.

Dalam pelelangan yang digelar oleh Julien's Auctions, sebagian dari penjualan gitar Cobain akan disalurkan untuk gerakan peduli kesehatan mental Kicking the Stigma. Ada lebih dari 1.000 item yang akan dijual dalam pelelangan ini.

Sebagian di antaranya adalah bustier milik Amy Winehouse yang pernah digunakan oleh penyanyi tersebut dalam gelaran Brit Awards. Ada juga perhiasan milik Prince dan Elvis presley yang akan dilelang oleh Julien's Auctions.

Selain itu, Julien's Auctions juga akan melelang beberapa benda milik musisi Frank Zappa. Salah satu di antaranya adalah gitar pertama yang dibeli oleh Zappa semasa hidup.

Pelelangan ini akan digelar di Hard Rock Cafe Nashville pada 16-18 November 2023. Pelelangan ini akan digelar dalam acara "Played, Worn & Torn: Rock 'n' Roll Iconic Guitars and Memorabilia". 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement