Rabu 01 Feb 2023 17:47 WIB

Paul McCartney Kenang Lagu Kolaborasi dengan Mendiang Jeff Beck

Lagu kolaborasi McCartney dan Jeff Beck diciptakan untuk dukung kampanye vegetarian.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Paul McCartney mengenang lagu kolaborasinya bersama mendiang Jeff Beck berjudul
Foto: EPA
Paul McCartney mengenang lagu kolaborasinya bersama mendiang Jeff Beck berjudul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bentuk penghormatan kepada mendiang Jeff Beck, Sir Paul McCartney mengenang lagu kolaborasinya dengan sang gitaris. Menurut McCartney, lagu bertajuk "Why Are They Cutting Down the Rainforest?" diciptakan untuk mendukung kampanye vegetarian pada 1994.

Lagu yang belum pernah dirilis ini menunjukkan semangat Jeff dan McCartney dalam mengampanyekan bahaya penggundulan hutan serta memperjuangkan hak-hak hewan, diiringi musik psych-rock yang riang. "Saya sangat sedih mendengar Jeff Beck meninggal. Ia kawan yang baik, dan gitaris hebat. Ini mengingatkan saya pada saat kami bekerja sama beberapa tahun yang lalu dalam sebuah kampanye untuk vegetarian," kata McCartney seperti dilansir Music News, Rabu (1/2/2023).

Baca Juga

Lagu ini dapat didengarkan di situs web Meat Free Monday milik McCartney. Kedua musisi tersebut meluncurkan kampanye ini bersama putrinya Stella dan Mary pada 2009 untuk mengajak masyarakat untuk turut memperlambat perubahan iklim dengan mengurangi konsumsi daging.

Sementara itu, kematian Jeff Beck dikonfirmasi dalam sebuah pernyataan di Twitter resminya. "Atas nama keluarga, dengan kesedihan yang mendalam kami menyampaikan berita meninggalnya Jeff Beck," demikian bunyi pernyataan tersebut.

 

"Setelah tiba-tiba terjangkit bakteri meningitis, ia meninggal dunia dengan tenang kemarin. Keluarga mendiang memohon privasi, sementara mereka memproses kehilangan yang luar biasa ini," lanjut pernyataan itu.

Jeff Beck mulai populer di industri musik global setelah bergabung dengan Yardbirds di tahun 60-an. Gitaris legendaris ini menggantikan Eric Clapton dalam grup tersebut sebelum ia bekerja sama dengan Sir Rod Stewart untuk membentuk Jeff Beck Group. Pendekatannya yang progresif dalam membuat musik memengaruhi sejumlah musisi terkenal pada era 60-an dan seterusnya, termasuk McCartney dan mendiang Jimi Hendrix.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement