Rabu 11 Oct 2023 15:39 WIB

Purwa Caraka Music Studio Gelar Youth Friendship Festival di Bali

Purwa Caraka harap kembangkan wawasan pendidikan musik di Indonesia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Purwa Caraka Music Studio Gelar Youth Friendship Festival di Bali.
Foto: Dok Purwa Caraka Music Studio
Purwa Caraka Music Studio Gelar Youth Friendship Festival di Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam merayakan ulang tahun ke-35, Purwa Caraka Music Studio kali ini berkolaborasi dengan Transinex Singapore menyelenggarakan sebuah ajang internasional bertajuk Youth Friendship Festival (YFF). Ini merupakan kegiatan festival seni dan budaya yang rutin diselenggarakan di beberapa negara di setiap tahun.

Purwa Caraka Music Studio ingin mengajak siswa siswi Purwa Caraka Music Studio untuk dapat lebih berkiprah di festival atau kompetisi yang bertaraf internasional sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia kepada siswa siswi musik yang berasal dari berbagai negara. Ke depannya, Purwa Caraka Music Studio berkomitmen untuk bisa kembali mengadakan sejumlah kegiatan yang bersifat internasional.

Baca Juga

Ini membuat wawasan pendidikan musik di Indonesia, khususnya siswa siswi Purwa Caraka Music Studio semakin berkembang. Dalam YFF, para peserta akan mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan bakat serta keterampilan mereka dalam bidang kesenian dan juga budaya, baik musik maupun tari.

Tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan keharmonisan, perdamaian, dan persahabatan global antar peserta yang berasal dari berbagai negara melalui pertukaran budaya yang beragam dan festival pertunjukan seni.

YFF 2023 diselenggarakan di Griya Agung Ballroom Prime Plaza Hotel Sanur Bali mulai dari tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 173 anak/remaja yang berasal dari berbagai Negara seperti Indonesia, Turkey, AS, Vietnam, Kamboja dan Filipina.

Dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (11/10/2023), ada dua kategori kompetisi yang diselenggarakan, yaitu kategori musik dan tari. Kategori musik diselenggarakan pada tanggal 29 dan 30 September 2023.

Pada kategori musik peserta dari Indonesia meraih hasil yang sangat membanggakan. Tiga dari empat penampilan teratas diraih oleh peserta yang berasal dari Indonesia.

1. Grand Champion diraih oleh Benaya Heumasse (Indonesia) dengan penampilan solo drum

2. 1st Runner Up diraih oleh Ni Luh Made Vikhanaswari (Indonesia) dengan penampilan solo violin

3. 2nd Runner Up diraih oleh Dang Tran Dang Phuong (Vietnam) dengan penampilan solo piano

4. Gold With Distinction diraih oleh Yohana Yosefa Sitorus (Indonesia) penampilan solo vokal.

Sementara itu, untuk kategori tari diselenggarakan pada tanggal 1 Oktober 2023.  

“Selamat datang di Bali, selamat menikmati berbagai keindahan pulau ini mulai dari pantai, kuliner, budaya dan banyak hal menarik lainnya yang tidak akan membuat Anda bosan. Semoga YFF 2023 menjadi ajang untuk menciptakan persahabatan global lintas negara bagi para seluruh partisipan dan menjadi manfaat serta memori yang baik untuk masa mendatang," kata Guest Of Honor Ir. Purwa Tjaraka.

Pada kegiatan ini, para peserta mendapatkan kegiatan workshop yang ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan pengembangan yang dapat bermanfaat berupa pengenalan Instrument tradisional Bali yang dipimpin oleh Purwa Tjaraka.

Ada juga materi workshop lainnya berupa “how To Present Yourself on Stage” yang disampaikan oleh Aditya Purwa Putera selaku Artistic Director pada YFF 2023. Untuk kategori tari, workshop berupa ballet masterclass bersama Mr. Gregory Aaron dan juga mengenal tari tradisional India bersama Mrs. Seena Kapoor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement