Jumat 06 Oct 2023 17:04 WIB

Redam Cuaca Panas, Cek 5 Rekomendasi Es Krim Halal Ini

Es krim bisa berpotensi tidak halal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Minuman es krim di gerai es krim Mixue.  MUI menetapkan fatwa halal terhadap produk Mixue Ice Cream & Tea sehingga bisa menjadi pilihan pelepas dahaga saat cuaca panas/ilustrasi
Foto: Republika/Thoudy Badai
Minuman es krim di gerai es krim Mixue. MUI menetapkan fatwa halal terhadap produk Mixue Ice Cream & Tea sehingga bisa menjadi pilihan pelepas dahaga saat cuaca panas/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Pada saat cuaca panas, paling enak memang menikmati sesuatu yang dingin, entah minuman dingin ataupun makanan dingin. Salah satu yang jadi incaran adalah es krim. Tapi, hati-hati ya, es krim bisa berpotensi tidak halal. Jadi, ada baiknya konsumsi es krim yang sudah pasti halal ya. Berikut lima es krim halal dijamin mampu melepas dahaga.

 

Baca Juga

1. Campina

Dikutip dari laman website resmi Campina, Jumat (5/10/2023), pihaknya mengklaim semua produk es krim Campina mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan selalu diperbaharui setiap tahunnya.

 

Es krim Campina terbuat dari susu skim (susu sapi yang telah dibuang sebagian besar lemaknya), gula, minyak nabati, pengemulsi, bahan-bahan alami (cokelat, durian, kacang hijau, ketan hitam, kelapa kopyor, dan sebagainya), perisa dan pewarna makanan yang diijinkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Campina memiliki berbagai varian dan rasa es krim yang menggugah selera.

Didirikan sebagai sebuah industri rumahan berbentuk Firma bernama CV Pranoto dengan merk dagang Campina. CV Pranoto ini didirikan oleh Darmo Hadipranoto pada tanggal 22 Juli 1972 di Jalan Gembong Sawah Surabaya, yang juga merupakan kediaman pribadi Darmo Hadipranoto. 

Campina merupakan salah satu produsen es krim di Indonesia, dengan rangkaian produk yang selalu menjadi juara di hati konsumen. Mereka selalu berinovasi untuk menciptakan kebahagiaan dan kesenangan melalui produk-produk istimewa yang dibuat dari bahan alami, higienis dan berkualitas. 

 

2. Walls

Selain Campina, es krim yang memiliki banyak penggemar dan mudah didapat adalah Walls. Dikutip dari laman Wallsicecream, Walls berkomitmen untuk memastikan bahwa semua produk Walls Indonesia yang dipasarkan sudah bersertifikasi halal sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

Walls adalah merek makanan asal Inggris yang mencakup produksi daging dan es krim yang dimiliki oleh Unilever. Perusahan ini didirikan di London pada tahun 1786 oleh Terence Banyard, diakuisisi pada tahun 1922 oleh Lever Brothers, yang menjadi bagian dari Unilever pada tahun 1930.

 

3. Aice

Tak kalah menarik, Aice, es krim ini juga memiliki banyak penggemar. Selain karena harganya murah, rasanya juga enak. Cocok untuk dikonsumsi saat cuaca terik seperti sekarang ini.

Dikutip dari laman website Aice, dijelaskan bahwa Aice adalah perusahaan lisensi dari Singapura dan memiliki tim yang berpengalaman 20 tahun di industri es krim.

Aice didirikan pada bulan November 2014, berkantor pusat di Singapore. Aice berkomitmen untuk menjadi “Merek es krim yang paling populer” di Asia Tenggara dan untuk memberikan kualitas, kenikmatan, kesegaran, kebahagiaan, inovasi produk es krim kepada konsumen.

Aice telah memperoleh sertifikat halal dan implementasi sistem jaminan halal dengan nilai A (Sangat Baik) yang dikeluarkan oleh lembaga yang menjadi Pusat Halal International yaitu Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

 

4. Mixue

Mixue adalah produsen es krim yang sempat viral beberapa waktu lalu. Dengan ekspansi pasar yang besar-besaran es krim ini mampu menarik konsumen dengan begitu cepatnya. Namun, di tengah ketenarannya, es krim ini digoyang dengan isu sertifikasi halal.

Hal ini justru mendorong Mixue untuk mendapatkan sertifikasi halal MUI. MUI menetapkan fatwa halal terhadap produk Mixue Ice Cream & Tea. Ketetapan halal tersebut diterbitkan MUI setelah sidang produk halal yang digelar di Jakarta pada Rabu (15/2/2023).

Terbitnya penetapan halal untuk Mixue berdasarkan telaah dan penilaian terhadap hasil laporan audit halal yang disampaikan oleh pimpinan LPPOM MUI.

Ketua Bidang Fatwa Halal MUI Asrorun Niam mengatakan, bahan yang digunakan produk Mixue terbukti halal dan suci, begitu juga proses produksinya. “Produk Mixue telah memenuhi standar kehalalan yang ditetapkan MUI, semua bahan yang digunakan adalah halal dan suci, kemudian dalam proses produksinya terjamin kesuciannya," ujar Niam dalam siaran pers yang diterima Republika, beberapa waktu lalu.

 

5. Es krim McDonald's

Salah satu es krim terenak dan murah harganya adalah es krim McDonald's. Apalagi yang rasa vanila, rasa susunya sangat enak. Lalu apakah produk ini halal? Dikutip dari laman website McDonald's, "Kami pastikan semua menu halal," ujar laman tersebut. 

Sejak tahun 1994, McDonald’s mendapatkan sertifikat halal dari MUI sebagai restoran cepat saji pertama bersertifikat halal di Indonesia. Pada tahun 2020 McDonald’s meraih penghargaan Implementasi Sistem Jaminan Halal kategori restaurant dari LPPOM MUI. Pada tahun yang sama, McDonald's Indonesia telah bersertifikat halal sesuai peraturan pemerintah yang memiliki kewenangan sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Kategori halal kami sudah termasuk bahan baku, proses produksi, hingga penyajian produk. "Tak hanya lezat, menu McDonald’s dijamin halal," klaim mereka.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement