Ahad 01 Oct 2023 11:00 WIB

The Rain Rilis Lagu 'Mengembara', Pengingat Pahit Manisnya Kehidupan

Single 'Mengembara' dipersembahkan untuk menyambut momen 22 tahun The Rain.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Grup musik The Rain mulai meluncurkan kepingan pertama dari album studio kedelapan yang direncanakan hadir pada 2024.
Foto: Heavy Rain Records
Grup musik The Rain mulai meluncurkan kepingan pertama dari album studio kedelapan yang direncanakan hadir pada 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah merilis album Mereka Bilang Kita Terjebak Bersama pada 2022, grup musik The Rain mulai meluncurkan kepingan pertama dari album studio kedelapan yang direncanakan hadir pada 2024. Karya pengantar itu berupa lagu baru berjudul "Mengembara", yang diproduksi di bawah naungan label Heavy Rain Records.

Single 'Mengembara' sekaligus dipersembahkan ke publik untuk menyambut momen 22 tahun The Rain berkarya bersama. Sejak pertengahan 2023, Indra Prasta (vokal, gitar), Iwan Tanda (gitar, vokal), Ipul Bahri (bass, vokal) dan Aang Anggoro (drum, vokal) kembali masuk studio dengan setumpuk materi baru yang dikumpulkan sejak beberapa bulan sebelumnya.

Baca Juga

"Kali ini saya banyak menulis lagu di perjalanan. Menulis lagu di berbagai tempat dan suasana berbeda, membantu memberi perspektif yang berbeda akan sebuah tema," ujar Indra, dikutip dari siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (1/10/2023).

Penulisan lagu "Mengembara" bermula dari momen Indra bermain gitar sambil bersenandung di rumahnya. Senandung tersebut lantas direkam secara spontan menggunakan ponsel, dengan kord gitar dan notasi vokal seadanya serta belum ada lirik.

 

Beberapa hari kemudian, saat The Rain menjalani jadwal ke luar kota, Indra mendengarkan hasil rekaman tersebut di perjalanan kepada rekan-rekannya. The Rain lantas melanjutkan pengerjaan notasi dan liriknya hingga selesai dalam waktu sepekan sejak awal pembuatan.

Bukan hanya proses penulisannya yang dilakukan di berbagai tempat, sebagian sesi rekaman lagu ini juga dikerjakan saat The Rain berada di luar kota. Bagian bass dikerjakan di sebuah kamar hotel di Surabaya ketika The Rain ada jadwal manggung di kota tersebut.

Lagu "Mengembara" menceritakan tentang perjalanan hidup. Sebuah lagu dengan lirik yang menguatkan karena mengajak pendengar The Rain untuk mengingat kembali pahit manisnya sebuah kehidupan. Band asal Yogyakarta itu berharap penikmat musik bisa menerima lagu penuh makna tersebut. "Tentang berserah, namun tanpa menghilangkan semangat untuk melangkah," kata Indra.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement