Senin 25 Sep 2023 20:14 WIB

Band T'Koes Dilarang Nyanyikan Lagu Koes Plus, Ini Pernyataan Pihak Keluarga

Keluarga Koes Plus menegaskan pelarangan ini bukan karena masalah royalti.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Pengunjung melakukan swafoto di stand memorabilia grup musik Koes Plus. Keluarga Koes Plus melarang band TKoes menyanyikan lagu band legendaris itu.
Foto:

Siapa sebenarnya T'Koes? Pada sesi bincang santai IG Live Gaung Merah X T'Koes, dua personel T'Koes sempat berbagi mengenai kisah perjalanan dari grup musik keluarga tersebut.

Penggagas T'Koes adalah seorang penggemar berat Koes Plus, Agusta Marzall. Dia memperkenalkan band T'Koes ke publik pada 2007. Nama T'Koes bermakna "Terinspirasi Koes Plus". Agusta tidak memiliki hubungan darah atau kekerabatan apa pun dengan para personel Koes Plus. Namun, semasa kecilnya, Agusta kerap menonton latihan band legendaris itu.

Saat ini, Agusta merupakan penabuh drum T'Koes, sementara para personel lain, yakni Ghali Marzall, Jaru Marzall, dan Jim Marzall, adalah ketiga anak Agusta. Saat manggung, T'Koes tidak cuma membawakan lagu-lagu Koes Plus, tetapi juga beberapa tembang legendaris Indonesia.

Menurut Agusta, Koes Plus adalah pejuang musik Indonesia, dengan perjalanan karier yang tidak mulus. Agusta amat salut dengan inisiatif Koes Plus yang mendobrak berbagai hal di era orde lama dengan musik mereka dan akhirnya bisa memiliki jati diri mereka sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement