Senin 25 Sep 2023 17:49 WIB

Indonesia International Book Fair 2023 Segera Hadir, Catat Tanggalnya

IIBF 2023 akan menjadi gelaran IIBF pertama yang diselenggarakan di ICE BSD City.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ajang konferensi pers IIBF 2023 yang akan diselenggarakan pada 27 September -1 Oktober 2023 di ICE BSD, Tangerang Selatan.
Foto: Republika/Prayogi
Ajang konferensi pers IIBF 2023 yang akan diselenggarakan pada 27 September -1 Oktober 2023 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) akan menggelar Indonesia International Book Fair (IIBF) yang ke-43 di Hall 1 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Pameran buku yang banyak dinanti oleh masyarakat Indonesia ini akan digelar pada Rabu (27/9/23) hingga Ahad (1/10/23).

"Sejak 1980 kita tidak ingin ada tahun yang terputus untuk menyelenggarakan IIBF. Ini adalah tahun ke-43. Untuk sebuah pameran, ini adalah pameran yang paling tua di negara kita yang masih berlangsung," ujar Ketua Ikapi Arys Hilman di UPH Executive Education Center, Senin (25/9/23).

Baca Juga

IIBF 2023 akan menjadi gelaran IIBF pertama yang diselenggarakan di ICE BSD City. 

Ketua Panitia IIBF 2023, Mappa Tutu, mengungkapkan bahwa lokasi ini dipilih karena sangat strategis untuk melakukan interaksi literasi. Selain itu, lokasi ini juga jauh dari hingar-bingar politik yang marak ditemukan di tengah kota. "Kami ingin interaksi yang terjadi di sana adalah interaksi literasi," tambah Mappa.

Selain menghadirkan ragam koleksi buku yang menarik, IIBF 2023 juga akan diramaikan oleh beragam kegiatan seru. Sebagian di antaranya adalah diskusi dan peluncuran buku, jumpa penulis, serta seminar dan workshop yang akan melibatkan lebih dari 100 narasumber.

Tak ketinggalan, IIBF 2023 kembali menghadirkan Indonesia Rights Fair (IRF) yang akan menjadi wadah transaksi hak cipta. Kegiatan ini turut melibatkan lebih dari 50 peserta, baik dari dalam maupun luar negeri.

Untuk semakin menyemarakkan gelaran IIBF 2023, pengunjung juga bisa menemukan banyak pentas-pentas kreatif dan kesenian. Ragam produk turunan terkait hak cipta buku juga akan mendapatkan tempat tersendiri di pameran buku ini.

Agar semakin menumbuhkan minat generasi muda, IIBF 2023 turut menghadirkan Cosplay Carnival yang terdiri atas Cosplay Competition dan Coswalk Contest. Kegiatan ini akan digelar pada Ahad (1/10/23) dengan sejumlah hadiah menarik bagi para pemenang.

Sebagai tambahan, IIBF 2023 akan menggelar Ikapi Awards untuk memberikan penghargaan bagi insan perbukuan. Ada beberapa kategori penghargaan yang dihadirkan, seperti kategori buku terbaik, penulis terbaik, dan kategori khusus untuk sosok yang memiliki dedikasi tinggi terhadap dunia literasi di Indonesia. "Untuk pertama kalinya, akan ada (kategori) buku anak Indonesia terbaik. Sebelumnya kami tidak ada kategori ini," tambah Arys.

Untuk menandai 50 tahun hubungan persahabatan Indonesia dan Korea, Korea akan hadir sebagai tamu kehormatan di IIBF 2023. Sebagai Tamu Kehormatan, Korea menjanjikan rangkaian acara menarik bagi para pengunjung IIBF 2023, mulai dari gelaran acara jumpa penulis hingga pengenalan budaya terkait perayaan Hari Chuseok.

"Kami sudah menyiapkan berbagai cara untuk merasakan pengalaman budaya Korea, bagi anak-anak, remaja, dewasa, siapa pun," ujar Kim Hyun Joo atau lebih akrab disapa dengan Maya dari Korean Cultural Center Indonesia (KCCI).

IIBF 2023 akan dimeriahkan oleh sekitar 150 penerbit, perusahaan, serta lembaga, dengan total sekitar 20 negara yang ikut berpartisipasi. IIBF 2023 akan digelar di ICE BSD pada 27 September - 1 Oktober 2023 mulai dari jam 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Bagi para pengunjung yang menggunakan transportasi pribadi, baik roda dua maupun empat, sudah tersedia area parkir yang mudah untuk dijangkau. Sedangkan para pengunjung yang menggunakan transportasi publik direkomendasikan untuk menggunakan KRL dan turun di Stasiun Cisauk. Dari sana, pengunjung dapat menaiki shuttle bus yang akan mengantar pengunjung sampai ke Hall 1 ICE BSD. Semua pengunjung bisa memasuki area pameran IIBF 2023 secara gratis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement