Ahad 24 Sep 2023 15:16 WIB

Aksi Duel Iko Uwais vs Jason Statham Disimpan untuk Akhir Dramatis

Aksi Iko di The Expendables 4 cukup mengagumkan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Indira Rezkisari
 Iko Uwais dalam film The Expendables.
Foto: AP Photo/Lionsgate
Iko Uwais dalam film The Expendables.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — The Expendables 4 menjadi seri franchise Expendables yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Alasannya masyarakat Indonesia boleh berbangga seorang aktor Tanah Air, Iko Uwais, akan beradu peran one-on-one dengan aktor senior ternama, Jason Statham.

Berperan sebagai Rahmat, Iko Uwais sudah menjadi sorotan sejak awal film karena dia memimpin pasukan teroris, yang hendak membawa bom nuklir menuju lokasi yang membahayakan umat manusia. Di sini lah tugas dari Expendables untuk mencegah itu terjadi.

Baca Juga

Mungkin di awal film terasa membosankan, mengingat dialognya ada yang berbelit-belit. Namun dari tengah menuju bagian akhir, banyak adegan yang sangat menyenangkan untuk ditonton. Meskipun memperlihatkan kekerasan dengan efek yang sangat nyata, ada selipan humor saat mereka melakukan hal itu.

Tentu ini membuat penonton meringis melihat adegan-adegan sadis penuh darah, namun sembari terkekeh melihat dialog konyol para anggota Expendables. Sayangnya, di tengah film ada satu moment yang sepertinya oleh sang sutradara Scott Waugh, ingin dijadikan plot twist tapi gagal di akhir, karena mudah ditebak.

 

Penampilan Megan Fox sebagai Gina dalam film ini juga sangat menarik dan anggun. Ketika Christmas (Jason Statham) harus dipecat karena dianggap sebagai penyebab kematian Barney (Sylvester Stallone), posisinya pun digantikan oleh Gina yang digambarkan sebagai perempuan tangguh dan dianggap bisa memimpin.

Sialnya, misi yang dipimpin oleh Gina justru gagal dan membuat Expendables terpenjara dalam jeruji besi di dek bawah kapal besar yang membawa bom nuklir. Akankah mereka semua mati bersama ledakan bom tersebut? Bagaimana siasat Christmas untuk menyelamatkan teman-temannya?

The Expendables 4 ini wajib ditonton sampai akhir, karena adegan adu jotos one-on-one Iko dan Statham yang menawan, ditayangkan menjelang akhir film. Hampir tanpa stuntment saat menjalani adegan kelahi dan dengan luka-luka yang dibuat senyata mungkin, Iko dan Statham berduel bak musuh bebuyutan yang punya chemistry.

Sudah hampir satu dekade sejak The Expendables 3 menjalankan misi eksplosifnya, mereka akhirnya kembali setelah mengalami sejumlah penundaan selama bertahun-tahun. Selain Megan Fox dan Iko Uwais, pemain baru lainnya adalah Curtis Jackson (alias 50 Cent), Andy Garcia dan banyak lagi pendatang baru.

Estetika film ini juga terasa seperti film yang direkam tahun 1995, serta penggunaan nama Rahmat yang dikaitkan dengan terorisme, tentu lagi-lagi mengaitkan ini dengan agama Islam. Dibandingkan dengan film-film sebelumnya, humor di seri film keempat ini lebih sedikit porsinya dan terasa agak lebih serius.

Lintas generasi juga diperlihatkan ketika dalam adegan Statham mengajarkan etika kepada seorang influencer generasi Z. Meski bekerja sebagai pengawal pribadi saat sudah dipecat, Statham tak ragu memberi nasehat orang yang menggajinya, tentang bagaimana menghormati perempuan di masa dirinya muda dulu.

Film yang tayang 20 September 2023 ini, akan memberikan kesan yang positif tentang loyalitas, kerja keras melaksanakan tugas, hingga moral. Dan tentunya penampilan Iko Uwais yang membuat masyarakat Indonesia terkagum.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement