Selasa 29 Aug 2023 17:44 WIB

Kasus Bayi Tertukar, Ini Pentingnya Gelang Bayi yang Dipakai Setelah Lahiran

Bayi yang lahir di rumah sakit akan mendapatkan gelang tanda pengenal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Bayi yang baru lahir memakai gelang identitas. Gelang bayi memiliki fungsi yang sangat besar untuk menandai identitas bayi.
Foto: Dok. www.freepik.com
Bayi yang baru lahir memakai gelang identitas. Gelang bayi memiliki fungsi yang sangat besar untuk menandai identitas bayi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini pemberitaan mengenai bayi yang tertukar mendominasi pemberitaan berbagai media. Tak sedikit yang bingung mengapa itu bisa terjadi lantaran setiap bayi yang lahir di rumah sakit dipakaikan gelang bayi berisi identitas sang bayi dan ibu.

Berbicara soal gelang bayi, benda mungil ini memiliki begitu banyak manfaat dan tak bisa dianggap sepele. Dilansir laman Accutechsecurity, Selasa (29/8/2023), bayi yang lahir di rumah sakit akan mendapat gelang tanda pengenal. Ini untuk tujuan keamanan dan identifikasi mereka. Sekalipun bayi Anda belum memiliki nama, staf perawat akan memasangkan gelang yang mengidentifikasi bayi tersebut sebagai milik Anda. Ini adalah langkah penting untuk menghindari campur aduk di rumah sakit.

Baca Juga

Alasan utama mengapa gelang rumah sakit bayi sangat penting adalah karena gelang tersebut membantu memastikan bahwa bayi yang tepat mendapatkan perawatan yang tepat. Hal ini sangat penting, terutama di rumah sakit besar yang memiliki banyak bayi dan mudah untuk mencampuradukkannya. Gelang ID membantu mengidentifikasi setiap bayi dengan cepat dan mudah sehingga dapat diberikan perawatan yang tepat pada bayi yang tepat.

Alasan lain mengapa gelang rumah sakit bayi penting adalah karena gelang ini dapat membantu memperingatkan staf medis tentang alergi atau kondisi medis apa pun yang mungkin dimiliki bayi. Informasi ini biasanya tercetak di bagian belakang gelang tanda pengenal agar mudah dilihat oleh siapa saja yang mengasuh bayi. Ini juga merupakan cara bagi Anda untuk memantau bayi Anda jika mereka berada di NICU atau bagian lain rumah sakit.

Gelang rumah sakit memiliki informasi penting tentang bayi. Ini termasuk nama lengkap, tanggal lahir, dan kondisi medis apa pun yang mereka miliki. Staf rumah sakit menggunakan informasi ini untuk memberikan perawatan terbaik pada bayi.

Jenis gelang ID rumah sakit yang paling umum adalah gelang plastik. Ini biasanya terbuat dari vinil tahan lama dan dapat ditutup dengan cepat. Gelang ini nyaman dipakai bayi Anda dan juga tahan air. Mereka mudah dipasang dan dilepas dan dapat disesuaikan agar sesuai dengan ukuran pergelangan tangan apa pun.

Jenis gelang ID rumah sakit lainnya adalah gelang logam. Ini biasanya terbuat dari baja tahan karat dan memiliki penutup gesper. Gelang ini lebih tahan lama dibandingkan gelang plastik tetapi kurang nyaman dipakai.

Terakhir, ada juga gelang identitas sementara yang biasanya terbuat dari kertas atau Tyvek. Biasanya digunakan untuk bayi baru lahir atau bayi yang belum cukup umur untuk memakai gelang permanen. Informasi pada gelang ini biasanya dicetak pada kedua sisinya, dan tidak dimaksudkan untuk dipakai lebih dari beberapa hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement