Ahad 27 Aug 2023 23:42 WIB

Meski Pasien Sudah Pemutihan Gigi, Dokter Gigi Tetap Sarankan Jaga Makanan

Dokter gigi menyarankan meski sudah melakukan pemutihan gigi, tetap jaga makanan.

Perawatan gigi sangat penting dilakukan secara rutin (ilustrasi). Dokter gigi menyarankan meski sudah melakukan pemutihan gigi, tetap jaga makanan.
Foto: Istimewa
Perawatan gigi sangat penting dilakukan secara rutin (ilustrasi). Dokter gigi menyarankan meski sudah melakukan pemutihan gigi, tetap jaga makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi seseorang menjaga penampilan merupakan salah satu aspek utama untuk meningkatkan rasa percaya diri. Sejumlah hal dilakukan seperti, perawatan untuk kesehatan kulit atau perawatan untuk menjaga berat bedan ideal.

Namun tahukah anda bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut juga amat penting demi menunjang penampilan. Termasuk dalam melakukan pemutihan gigi atau kerap disebut dental bleaching/whitening gigi.

Baca Juga

Salah seorang dokter gigi, Drg Muhamad Alfarizi menjelaskan, manfaat dari bleaching atau whitening gigi yang bisa dilakukan untuk menunjang penampilan seseorang. Alfarizi menjelaskan, untuk meningkatkan kecerahan warna gigi asli tanpa ada perubahan bentuk gigi bisa dgn dental bleaching, biasanya bahan yang digunakan adalah zat aktif hidrogen peroxide.

"Di mana didalam treatment ini zat aktif bekerja untuk mengembalikan warna asli gigi kita yang selama ini terwarnai oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Seperti kopi, teh, rokok, pewarna makanan yang pekat. Untuk ketahanannya beragam, mulai dari tiga bulan hingga satu tahun tergantung bagaimana maintenance setelah perawatan," tutur Alfarizi dalam rilisnya, Ahad (27/8/2023).

Meski sudah dilakukan bleaching, kata dia, pasien sebaiknya juga perlu menjaga dan merawat kesehatan gigi. Karena sesaat setelah bleaching, kondisi pori-pori gigi masih belum tertutup sempurna kembali. Sehingga harus dijaga asupan makanan atau minuman yang memiliki warna pekat serta kebiasaan merokok untuk dihindari terlebih dulu.

Menurutnya, selain bleaching gigi, venneer gigi juga bisa dilakukan tergantung dengan kondisi si pasien apakah memerlukan atau tidak. Hal ini juga kerap disampaikan di instagram resmi @alfadentalcarejakarta.

Jika ingin merubah warna dan bentuk gigi, bisa dilakukan dengan treatment veneers. Ada dua jenis veneers. Direct veneers menggunakan bahan komposit dan cenderung tanpa pengikisan atau mininal pengikisan. Serta indirect veneers menggunakan bahan porcelain dan biasanya disertai dengan pengikisan, baik minimal ataupun banyak.

"Selain itu untuk membantu agar gigi putih bersih, bisa digunakan juga pasta gigi yang mengandung zat pemutih pada pasta gigi yang sudah terbukti aman," kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement