Selasa 15 Aug 2023 21:43 WIB

Perlukah Membasahi Sikat Gigi Sebelum Memakainya?

Membasahi sikat gigi sebelum memakainya kerap dilakukan orang-orang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Sikat gigi (ilustrasi). Membasahi sikat gigi sebelum memakainya ternyata mendatangkan manfaat.
Foto: PxHere
Sikat gigi (ilustrasi). Membasahi sikat gigi sebelum memakainya ternyata mendatangkan manfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hal yang lumrah bahwa seseorang membasahi sikat gigi sebelum menggosok giginya. Meskipun itu merupakan hal yang otomatis dilakukan banyak orang, bisa jadi belum semua orang mengetahui apa alasannya.

Aktivitas yang sepertinya sepele itu ternyata sangat penting karena berbagai alasan. "Pertama, membasahi bulu sikat gigi membantu mendistribusikan pasta gigi dengan lebih efektif," kata dokter gigi Payal Bhalla, dikutip dari laman Huffington Post, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga

Tujuannya, untuk memastikan cakupan yang lebih baik di seluruh permukaan gigi. Bhalla menjelaskan, ini menghasilkan peningkatan efisiensi pembersihan dan penghilangan plak dan kotoran yang lebih menyeluruh.

Lead dentist dan clinical director dari Quest Dental itu juga menyampaikan bahwa membasahi sikat gigi akan membuat bulunya lebih lembut. Itu membuat sikat gigi tidak melukai gusi dan enamel gigi, sehingga mengurangi risiko iritasi atau kerusakan lain. Berikut penjelasannya secara lebih rinci:

1 Aktivasi pasta gigi

Membasahi sikat gigi mengaktifkan bahan aktif pasta gigi, seperti fluoride yang membantu memperkuat enamel gigi dan melindungi dari kerusakan gigi. Pasta gigi aktif lebih efektif dalam melawan bakteri dan menghilangkan plak, memastikan mulut lebih bersih dan sehat.

2. Peningkatan distribusi pasta gigi

Menambahkan sedikit air ke sikat gigi membantu mendistribusikan pasta gigi secara merata ke seluruh bulu sikat. Ini memastikan bahwa pasta gigi menutupi area permukaan yang lebih besar pada gigi, memaksimalkan potensi pembersihannya dan menargetkan area yang sulit dijangkau.

3. Efikasi pembersihan yang ditingkatkan

Kelembapan pada bulu dapat membantu menciptakan busa saat dikombinasikan dengan pasta gigi. Busa ini membantu melonggarkan dan mengangkat kotoran, plak, dan partikel makanan dari gigi, sehingga lebih mudah dihilangkan saat menyikat.

4. Mengurangi dampak abrasif

Beberapa formulasi pasta gigi bisa bersifat abrasif, terutama jika diterapkan langsung tanpa membasahi kuas terlebih dahulu. Membasahi sikat gigi sebelum mengoleskan pasta gigi membantu mencairkan potensi abrasivitasnya, melindungi enamel gigi dari keausan yang berlebihan.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement