Jumat 18 Aug 2023 14:22 WIB

RM BTS, Blackpink, dan Latto Terseret 'Apologize to Muslims', Bagaimana Kronologinya?

'Bad Religion' yang dibagikan RM BTS di IG dianggap lagu yang kontroversial.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Dari kiri ke kanan: Jisoo Blackpink, RM BTS, dan Latto. Ketiganya terseret dalam tagar Apoloze tp Muslims
Foto: Dok YG/BigHit/Instagram @latto777
Dari kiri ke kanan: Jisoo Blackpink, RM BTS, dan Latto. Ketiganya terseret dalam tagar Apoloze tp Muslims

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar dua hari lalu, "Apologize to Muslims" menjadi trending di media sosial Twitter yang kini telah berubah nama menjadi X. Trending ini menyeret nama-nama besar dalam industri musik dunia, seperti idol K-Pop RM BTS dan Blackpink, serta rapper Latto.

Trending "Apologize to Muslims" bermula ketika leader grup K-Pop populer BTS, RM, membuat sebuah unggahan Instagram Story. Dalam unggahan tersebut, RM berbagi lagu "Bad Religion" dari Frank Ocean.

Baca Juga

"Bad Religion" merupakan lagu yang kontroversial karena diduga memiliki muatan Islamofobia menurut sebagian orang. Namun bagi sebagian orang lainnya, istilah bad religion dalam lagu ini bukan ditujukan kepada Islam, melainkan kisah cinta yang tak berbalas. Berikut ini adalah sebait lirik dalam lagu tersebut:

"And you say 'Allahu Akbar'

I told him, 'Don't curse me'

'Bo Bo, you need prayer'

I guess it couldn’t hurt me

If it brings me to my knees, it's a bad religion"

 

Sejumlah warganet melayangkan kritik kepada RM karena membagikan lagu "Bad Religion" yang kontroversial. Mereka bahkan membuat "RM APOLOGIZE TO MUSLIMS" menjadi trending di media sosial.

Melihat RM dihujani banyak kritik, para penggemar BTS yaitu Army muncul memberikan pembelaan untuk idol mereka. Beberapa penggemar berusaha membela RM dengan menyatakan bahwa RM bukan satu-satunya idol yang pernah membagikan lagu "Bad Religion" di media sosial.

Mereka lalu menyertakan bukti berupa unggahan yang dibuat oleh Jisoo dari grup K-pop populer, Blackpink. Dalam unggahan tersebut, Jisoo membagikan cuplikan video saat Ocean sedang membawakan lagu "Bad Religion" di Coachella. Unggahan tersebut disertai dengan caption "legendary. (legendaris.)".

Melihat hal tersebut, sebagian warganet membuat trending baru dengan kalimat "JISOO APOLOGIZE". Sebagian penggemar Blackpink, yaitu Blink, memberikan pembelaan bahwa RM fasih berbahasa Inggris sedangkan Jisoo tidak fasih. Oleh karena itu, mereka menilai RM seharusnya memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai lagu tersebut dibandingkan Jisoo.

Tak berhenti sampai di situ, nama anggota Blackpink lain juga ikut terseret dalam perdebatan hangat ini. Salah satu anggota Blackpink yang juga ikut terseret namanya adalah Jennie. Dengan cepat, "JENNIE APOLOGIZE TO MUSLIMS" juga menjadi trending di media sosial.

Sorotan buat rapper Latto ...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement