Ahad 13 Aug 2023 14:40 WIB

Tingkatkan Produksi dan Kualitas ASI, Yuk Konsumsi Buah dan Kacang Ini

Buah dan kacang-kacangan berkontribusi pada kesehatan ibu dan bayi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Makanan olahan kurma dapat membantu meningkatkan produksi dan kualitas air susu ibu/ilustrasi.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Makanan olahan kurma dapat membantu meningkatkan produksi dan kualitas air susu ibu/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Ahli gizi klinis di Artemis Hospital India, Shabana Parveen, mengatakan bahwa buah dan kacang-kacangan kering yang kaya vitamin, mineral, dan nutrisi penting sangat baik dikonsumsi ibu menyusui. Selain bisa meningkatkan produksi dan kualitas ASI, buah dan kacang-kacangan juga berkontribusi pada kesehatan ibu dan bayi secara menyeluruh.

“Kacang almond misalnya, mengandung kalsium dan protein yang membantu menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan pertumbuhan jaringan. Kenari juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bisa membantu perkembangan otak bayi,” kata Parveen seperti dilansir India Today, Ahad (13/8/2023).

Baca Juga

Pakar teknologi inovasi pangan di Farmley India, Marisha Baurai, merinci buah-buahan dan kacang-kacangan yang bisa ditambahkan ke menu makanan ibu menyusui agar ibu dan bayi tetap sehat. Berikut rinciannya.

1. Kacang mete

Kacang ini kaya akan lemak sehat, protein, zinc, dan zat besi yang memainkan peran penting dalam pemulihan pascapersalinan. Menambahkan kacang mete dalam menu makanan ibu menyusui dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara keseluruhan melalui ASI. Selain itu, kacang mete juga bisa memberi kekuatan dan nutrisi penting untuk tetap bugar dan aktif.

 

2. Kacang almond dan kurma

Kacang almond mengandung lemak, protein, serat, dan vitamin esensial, dan mengonsumsinya dapat meningkatkan tingkat energi dan meningkatkan kesehatan ibu dan bayi secara keseluruhan. Sementara itu, kurma memberikan energi yang cukup, terutama selama periode pascapersalinan ketika ibu mungkin merasa lelah atau letih.

Kacang almond dan kurma kaya akan serat dan zat besi, sehingga dapat bermanfaat dalam mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit ibu menyusui.

 

3. Aprikot

Aprikot sarat dengan vitamin A, vitamin C, kalium, serat makanan dan nutrisi penting lainnya, yang bermanfaat dalam mendukung sistem kekebalan tubuh dan pencernaan tubuh. Menambahkan aprikot dalam menu makanan sehari-hari, dapat mencegah risiko penyakit dan menjaga ibu dan bayi tetap sehat dengan memenuhi kebutuhan nutrisi penting.

 

4. Kismis

Kismis adalah sumber zat besi yang sangat baik yang dapat mencegah anemia dengan memenuhi kebutuhan zat besi tubuh. Selama menyusui, kebutuhan zat besi meningkat pada ibu, yang menjadikan kismis sebagai tambahan penting dalam diet untuk meningkatkan asupan zat besi.

 

5. Buah tin/ara

Buah tin atau ara sangat kaya akan kalsium, zat besi, dan serat. Karenanya menambahkan buah ara ke dalam makanan dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan membantu pemulihan setelah melahirkan. Buah ini menawarkan nutrisi penting dan rasanya yang enak menjadikannya camilan yang menyenangkan untuk ditambahkan ke dalam menu makanan ibu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement