Jumat 11 Aug 2023 12:49 WIB

Influencer Rusia Meninggal Kelaparan, Ahli: Jangan Cuma Makan Buah Saat Diet

Zhanna Samsonova hanya makan buah tropis semasa hidupnya.

Sayur dan buah (ilustrasi). Tubuh memerlukan makanan dengan gizi seimbang..
Foto: Republika/Prayogi
Sayur dan buah (ilustrasi). Tubuh memerlukan makanan dengan gizi seimbang..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Influencer vegetarian asal Rusia Zhanna Samsonova meninggal dunia di Malaysia saat menjalani tur Asia diduga akibat kelaparan. Peristiwa itu mengingatkan banyak orang bahwa menjalani pola hidup vegan sebagai bentuk diet ternyata bisa berujung petaka. 

Penulis buku Brain, Beauty and Behavior, dr. Siti Medissa N.H, M.Biomed (AAM), FEcare mengatakan, hal pokok yang harus dipahami bahwa diet bukan berarti tidak makan secara berimbang. Sebab, tubuh butuh beragam nutrisi.

Baca Juga

"Ini penting! Jadi, tubuh kita tidak bisa hanya diberi salah satu nutrisi dan mengabaikan nutrisi lainnya," kata Dissa dalam peluncuran bukunya sebagaimana dikutip dalam siaran pers, Jumat (11/8/2023). 

Dissa mengutarakan bahwa berdasarkan informasi, Zhanna Samsanova meninggal dunia akibat kelaparan sebagai imbas atas pilihannya hanya mengonsumsi buah-buahan eksotis. Korban bahkan dilaporkan tidak mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup hingga mengakibatkan tubuhnya kekurangan berbagai nutrisi. 

"Itu kesalahan mendasarnya yang harus diakui di masyarakat kita juga masih banyak yang seperti itu cara pandangnya. Dipikir hanya mengonsumsi buah, tulang bisa kuat, kulit glowing dan lain sebagainya. Padahal tidak, karena sejatinya tubuh kita bahkan juga membutuhkan karbohidrat dan lemak," ujar Dissa.

Dokter lulusan Klentze Institute di Complutense University of Madrid itu menyerukan agar masyarakat tak ragu berkonsultasi dengan ahli ketika hendak menjalani pola hidup vegetarian.

"Vegan merupakan bagian dari diet, salah satu pilihan bagaimana cara mendapatkan kecantikan. Demikian pula dengan perawatan diri, sah-sah saja dilakukan secara mandiri, tapi untuk keamanan sebaiknya dikonsultasikan kepada ahli," kata Dissa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement