Rabu 09 Aug 2023 23:19 WIB

Kunto Aji Bakal 'Bedah' Album Baru, Penggemar Dipersilakan Join

Kunto Aji memperkenalkan album terbarunya berjudul Sowan Album III.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Kunto Aji. Kunto Aji akan mengadakan sesi dengar intim khusus dengan penggemarnya untuk membedah album baru terbarunya berjudul Sowan Album III.
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Penyanyi Kunto Aji. Kunto Aji akan mengadakan sesi dengar intim khusus dengan penggemarnya untuk membedah album baru terbarunya berjudul Sowan Album III.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Kunto Aji akan mengadakan sesi dengar intim khusus dengan penggemarnya. Hal itu dilakukan untuk memperkenalkan album terbarunya, Sowan Album III. Album ini diluncurkan setelah album sebelumnya, Mantra Mantra, dirilis pada lima tahun lalu.

Sesi dengar intim ini memberi kesempatan untuk para penggemar lebih duluan mendengar album ketiganya, yang judul dan detailnya masih dirahasiakan, sebelum resmi diedarkan ke publik pada September 2023. Diselenggarakan oleh Rancang Rencana Production, Sowan Album III berlangsung sebanyak empat sesi di Studio Gripa, Jakarta Selatan, dengan satu sesi per hari di 31 Agustus dan 1 September, serta dua sesi di 2 September. Hanya tersedia 100 tiket per sesi yang akan dijual melalui Loket.com mulai 11 Agustus 2023 pukul 11.00 WIB.

Baca Juga

Informasi lebih lanjut mengenai Sowan Album III akan disampaikan melalui akun-akun Instagram resmi Kunto Aji, yaitu @kuntoajiw dan @salam_pada2023. “Jujur, ini sebenarnya lebih ke keinginan pribadi,” kata Kunto Aji mengenai keputusan memperkenalkan album terbarunya dengan sesi dengar intim ini.

Sowan Album III akan dibuka dengan segmen silent hearing, di mana masing-masing hadirin memakai headphones yang disediakan khusus untuk acara ini agar bisa bersama-sama mendengar albumnya dengan lebih saksama. “Saya ingin pendengar menyimak albumnya dengan kualitas audio yang oke serta pengalaman lengkap, di mana saya akan ceritakan album ini tentang apa, dan berharap mereka bisa masuk ke dalam cerita albumnya,” kata dia.

Menurut Aji, dari dulu ia memang ingin membuat sesi dengar intim menggunakan cara ini, karena ia termasuk punya perhatian yang lebih dalam hal produksi, tata suara, dan segala macamnya. “Jadi saya ingin pendengar benar-benar menyimak dengan kualitas sebaik mungkin agar bisa dengar detail-detailnya,” kata dia.

Setelah mendengar albumnya bersama-sama, acara Sowan Album III akan dilanjutkan dengan segmen bincang-bincang. Kunto Aji akan bercerita tentang albumnya serta menyimak respons dari para pendengar.

“Saya akan menjelaskan soal apa yang mau disampaikan di album ini, kenapa menulis album ini, dan menjelaskan lagu per lagu. Saya juga ingin tahu pendapat dari pendengar, baik itu soal sesederhana pemilihan single maupun interpretasi mereka sendiri terhadap lagu-lagunya,” ujar dia. 

Terakhir, di acara Sowan Album III Kunto Aji akan mempersembahkan lagu-lagu dari album ketiganya di panggung untuk pertama kali. Atau lebih tepatnya, mencoba mempersembahkan lagu-lagu itu di panggung.

“Ini juga menjadi ajang untuk latihan mempresentasikan album ini ke khalayak, karena pembuatan albumnya dibebaskan tanpa berpikir bagaimana cara membawakannya di panggung,” kata Aji.

 “Jadi kayak-nya bakal seru kalau dibawakan sesantai mungkin, walau ada salah-salah sedikit. Justru akan menjadi zona untuk bereksperimen dengan apa yang akan dimainkan,” kata dia lagi.

Sowan Album III akan menjadi momen istimewa yang sekaligus mengawali babak baru dalam perjalanan bermusik Kunto Aji setelah album Generation Y (2015) dan Mantra Mantra (2018), mengukuhkan dirinya sebagai seniman yang layak diperhitungkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement