Rabu 09 Aug 2023 11:24 WIB

Jangan Dipakai, Ini Ciri-Ciri Kontainer Plastik yang Berbahaya untuk Simpan Makanan

Kontainer plastik untuk menyimpan makanan relatif murah dan mudah ditemukan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Wadah makanan plastik atau kontainer makanan plastik. Beberapa plastik dapat melepaskan bahan kimia berbahaya ketika bersentuhan dengan makanan.
Foto:

Beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk menyimpan makanan adalah wadah yang terbuat dari kaca, stainless steel, silikon, beeswax, dan bambu. Semuanya itu terbuat dari bahan tidak beracun.

Lantas, apa saja tips yang perlu diingat saat menyimpan makanan dalam wadah plastik?

1. Carilah wadah plastik yang berlabel "food grade" atau "BPA free". BPA (bisphenol A) adalah bahan kimia yang telah dikaitkan dengan potensi risiko kesehatan.

2. Hindari menggunakan wadah plastik yang mengeklaim bisa dipanaskan dalam microwave karena panas dapat mempercepat pelepasan bahan kimia dari plastik.

3. Periksa wadah plastik apakah ada retakan, goresan, atau bengkok. Wadah yang rusak lebih rentan terhadap kontaminasi bahan kimia dan harus diganti.

4. Ikuti petunjuk dari produsen. Setiap wadah plastik memiliki panduan yang berbeda-beda untuk penggunaan yang aman, termasuk batas suhu dan kompatibilitas dengan mesin pencuci piring.

5. Gunakan wadah plastik untuk penyimpanan jangka pendek, seperti sisa makanan yang akan dikonsumsi dalam satu atau dua hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement