Sabtu 05 Aug 2023 18:32 WIB

Drummer Iron Maiden Terserang Strok, Bahu Kanannya Lumpuh

Drummer Iron Maiden terkena penyakit Transient Ischaemic Attack (TIA).

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Grup heavy metal Iron Maiden.
Foto: Beemoq.net
Grup heavy metal Iron Maiden.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Drumer Iron Maiden, Nicko McBrain, mengatakan bahwa dia mengalami stroke ringan atau transient ischaemic attack (TIA), serangan yang diakibatkan oleh gangguan pasokan darah ke otak. Rocker berusia 71 tahun pertama kali mengalami stroke ringan pada Januari lalu.

Menurut McBrain, dia mengalami kelumpuhan pada bagian bahu kanan ke bawah. Sebagai drummer, ia tentu merasa khawatir karirnya akan berakhir. Namun berkat dukungan dari keluarga dan para dokter, kini dia bisa cukup pulih dari penyakitnya.

Baca Juga

“Saya bersyukur bisa kembali bangkit, dan sekarang keadaan saya sudah 70 persen pulih,” kata McBrain seperti dilansir Ultimate Classic Rock, Sabtu (5/8/2023).

McBrain menjalani terapi intensif selama 10 pekan, sebelum mengikuti latihan untuk tur //Future Past// bandnya. Tur konser ini telah dimulai sejak Mei dan akan berakhir pada Oktober tahun ini. Karena alasan ini pula lah, dia baru mengumumkan kondisi penyakitnya saat ini.

 

“Dulu saya merasa harus fokus pada persiapan dan latihan sebelum tur konser, sehingga baru memberitahukan kondisi saya sekarang. Saya belum pulih sepenuhnya, tapi saya merasa lebih kuat sekarang,” kata McBrain.

McBrain juga bersyukur bisa mengikuti tur Future Past, meskipun dia belum bisa tampil dengan maksimal. “Sayangnya saya belum bisa memberikan 100 persen penampilan saya dihadapan kalian,” kata McBrain.

Manajer Iron Maiden, Rod Smallwood, memberikan pujian kepada McBrain atas semangatnya untuk pulih. “Saya dan anggota band lainnya berpikir bahwa apa yang telah dicapai Nicko sejak terkena stroke, menunjukkan keyakinan dan tekad yang luar biasa. Kami semua sangat bangga padanya," kata Smallwood.

Smallwood mengatakan bahwa Iron Maiden memiliki materi baru yang secara musikal sangat kompleks untuk dipelajari menjelang tur tersebut. Namun McBrain bisa fokus dan berkonsentrasi untuk mempelajarinya.

“Nicko tetaplah Nicko, ia tidak ingin kondisinya mengganggu jalannya tur pada saat itu. Dan sekarang ia yakin untuk memberi tahu penggemar tentang kondisinya,” kata Smallwood.

Iron Maiden dibentuk pada akhir 1970-an, dan McBrain bergabung pada tahun 1982 setelah merilis album ketiga mereka, The Number Of The Beast. Album ini menjadi salah satu album heavy metal terbesar sepanjang masa.

Iron Maiden akan membawa pertunjukan panggung terbaru mereka ke Amerika untuk pertama kalinya pada 6 Oktober, sebagai bagian dari festival Power Trip di Indio, California.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement