Sabtu 05 Aug 2023 00:25 WIB

Selain Sinead O'Connor, 5 Selebritas Kenamaan Ini Juga Bangga Menjadi Muslim

Lima selebritas ini bangga menjadi seorang Muslim.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Riz Ahmed merupakan seorang Muslim kelahiran Inggris.
Foto: EPA
Aktor Riz Ahmed merupakan seorang Muslim kelahiran Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada lebih dari satu miliar Muslim di dunia, termasuk yang berprofesi sebagai aktor, rapper, model, olahragawan, aktivis politik yang paling populer dan sukses, dan banyak lagi. Selain Sinead O'Connor yang menjadi mualaf pada 19 Oktober 2018, berikut lima selebritas dunia yang juga beragama Islam.

1. Riz Ahmed

Baca Juga

Ahmed kerap mengungkapkan kenyataan rasanya menjadi Muslim di negara-negara barat. Lahir di Inggris, aktor serial TV The OA, The Night Of, dan Girls,"itu ingin mengubah penggambaran Muslim di layar kaca dan lebar.

Ahmed mengaku sebal melihat Muslim digambarkan sebagai penjahat di berbagai film dan serial televisi. Laki-laki berusia 40 tahun itu menuntut representasi yang lebih positif dari umat Islam di dunia perfilman.

Ahmed merupakan aktor Muslim pertama yang dinominasikan sebagai Aktor Terbaik Oscar 2019 untuk perannya di film Sound of Metal. Pada awal 2021, dia mendirikan Blueprint for Muslim Inclusion.

Lewat organisasi tersebut, Ahmed melakukan studi yang mengungkap bahwa aktor Muslim hanya memiliki 1,6 persen peran berbicara dalam 200 film populer berbahasa Inggris. Studi itu juga menyebut, sebanyak 75 persen karakter Muslim digambarkan sebagai korban atau pelaku kekerasan.

2. Bella Hadid

photo
Model AS Bella Hadid - (EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI)

Pada 2017, Bella ikut turun ke jalan sebagai protes atas perintah eksekutif Presiden AS Donald Trump yang berusaha menghentikan masuknya pengungsi dan pengunjung dari tujuh negara mayoritas Muslim. Model berusia 26 tahun itu kemudian memberi tahu majalah Porter bahwa dia ikut demonstrasi untuk menghormati asal usul dan agamanya.

"Ayah saya adalah seorang pengungsi ketika dia pertama kali datang ke Amerika, jadi masalah itu sebenarnya sangat dekat dengan keluarga saya dan saudara kandung saya," kata Bella, seperti dikutip dari laman CBS News, Jumat (4/8/2023).

Menurut Bella, ayahnya, Mohammed Hadid, merupakan orang yang sangat religius. Ayahnya selalu mengajaknya sholat bersama.

"Saya bangga menjadi seorang Muslim."

3. Ramy Youssef

photo
Ramy Youssef menjadi pemenang Aktor Serial TV Terbaik untuk kategori Musikal/Komedi Golden Globe Awards 2020. - (EPA)

Youssef terkenal sebagai kreator dan bintang serial Hulu, "Ramy." Komedi gelapnya dilatarbelakangi oleh kehidupan Youssef sebagai generasi pertama milenial Muslim Amerika yang berjuang untuk menyeimbangkan identitasnya tersebut.

"Berada di dalam kontradiksi, saya mencoba menavigasinya dan saya membawa itu ke dunia kerja," kata Youssef yang meraih penghargaan Golden Globe 2020.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement