Rabu 26 Jul 2023 08:53 WIB

Benda yang Sebaiknya tak Dibeli di Bandara, Harganya Bisa 'Selangit'

Harga-harga barang yang dijual di bandara lebih mahal dibandingkan toko biasa.

Rep: Mgrol146/ Red: Qommarria Rostanti
Penumpang berjalan di bandara (ilustrasi). Ada beberapa barang yang sebaiknya tidak dibeli di bandara.
Foto: Antara/Fauzan
Penumpang berjalan di bandara (ilustrasi). Ada beberapa barang yang sebaiknya tidak dibeli di bandara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberadaan toko yang menjual barang-barang menarik di bandara. Tak jarang, sambil menunggu jadwal penerbangan pesawat, beberapa penumpang menghabiskan waktu dengan melihat barang-barang yang dijual di toko bandara.

Namun tahukah Anda, pajak yang dikenakan kepada toko di bandara biasanya relatif lebih mahal? Hal ini kemungkinan besar menjadi salah satu alasan harga-harga barang maupun makanan di bandara menjadi lebih mahal dibandingkan toko di luar bandara.

Baca Juga

Jika ingin tetap berbelanja, silakan saja. Namun ada beberapa barang yang sebaiknya tidak kamu beli di bandara. Apa saja itu? daftarnya dilansir laman Best Life, beberapa waktu lalu:

1. Bantal leher

 

Saat melihat bantal leher, yang terbesit di pikiran pasti tidur yang nyaman selama perjalanan. Jangan tergiur dengan empuknya bantal leher yang dijual di bandara. Pasalnya bantal leher di bandara dipatok dengan harga jauh lebih tinggi dibandingkan tempat umum lainnya.

2. Ponsel dan perangkat elektronik

Ponsel dan alat elektronik menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Di pesawat maupun bandara, ponsel sering digunakan untuk mendengarkan musik atau podcast maupun bermain gim online.

Namun sebaiknya Anda tak berpikiran untuk membeli ponsel maupun perangkat elektronik lainnya karena akan merogoh kocek sangat dalam. Apalagi jika kalian membelinya di bandara luar negeri karena akan ada tambahan biaya untuk pengurusan terkait bea cukai.

3. Air kemasan

Sebelum berpergian, lebih baik kamu menyiapkan bekal untuk perjalanan karena lagi-lagi harga makanan dan minuman di bandara jauh lebih mahal. Bawa tumbler dari rumah yang berisi air sesuai kebutuhan daripada harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli air minum di bandara. Cara tersebut juga dapat menghemat pengeluaran mu saat berpergian.

4. Mata uang asing

Saat berpergian ke luar negeri, kamu pasti membutuhkan mata uang asing. Pastikan kamu menukar mata uang asing di luar bandara. Di bandara tidak terlalu banyak tempat penukaran uang asing. Sekalipun ada, biayanya cukup tinggi. Alangkah lebih baik jika ingin menukarnya di bank.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement