Selasa 25 Jul 2023 16:00 WIB

Tinggalkan Istilah Netral Gender, NHS Kembali Pakai Kata 'Wanita' di Laman Kesehatannya

Pemakaian istilah netral gender dinilai sulitkan penyampaian pesan kesehatan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Laman edukasi kanker ovarium National Health Service (NHS) Inggris kembali memakai istilah women setelah menggantinya dengan frasa netral gender pada tahun lalu.
Foto: Tangkapan layar
Laman edukasi kanker ovarium National Health Service (NHS) Inggris kembali memakai istilah women setelah menggantinya dengan frasa netral gender pada tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- National Health Service (NHS) Inggris akhirnya kembali memakai kata "women" (wanita) dalam laman edukasinya tentang kanker serviks dan ovarium. Tahun lalu, kata "women" diam-diam diubah dengan frasa netral gender dengan maksud agar lebih "inklusif".

Istilah "women" juga dihilangkan dari halaman tentang menopause, meskipun fenomena biologis itu hanya terjadi pada wanita. Setelah protes besar-besaran dan tuntutan untuk mengembalikan pemakaian istilah "wanita", kata yang merepresentasikan gender khusus itu telah diperkenalkan kembali ke laman tersebut.

Baca Juga

Ini merupakan bagian dari peluncuran hub daring NHS Women’s Health baru, yang dirancang untuk "mendukung kesehatan wanita di setiap tahap kehidupan mereka". Namun, hanya tiga halaman yang kembali memakai kata "women", sementara dua lainnya bertahan dengan istilah netral gender.

Halaman resmi NHS untuk kanker rahim dan vagina, misalnya, dulu telah menghapus kata "wanita", dan itu belum juga berubah dalam pembaruan terbaru. MailOnline telah meminta konfirmasi dari Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial (DHSC), NHS Inggris, dan NHS Digital mengenai alasan terjadinya perubahan di laman tertentu, sementara yang lainnya tetap.

Dilansir Daily Mail, Selasa (25/7/2023), para ahli berpendapat bahwa penghilangan kata yang menunjukkan jenis kelamin dari halaman NHS berbahaya karena dapat memperumit penyampaian pesan kesehatan penting bagi wanita. Versi sebelumnya dari halaman menopause NHS menjabarkan menopause sebagai "ketika seorang wanita berhenti mengalami menstruasi dan tidak lagi bisa hamil secara alami".

Pada Mei 2022, penjelasan tersebut berubah menjadi menjadi "Menopause adalah saat menstruasi Anda berhenti karena kadar hormon yang lebih rendah". Namun, dalam pembaruan baru istilah "wanita" muncul lagi. Kini, menopause dijelaskan sebagai peristiwa yang "biasanya dialami wanita antara usia 45 hingga 55 tahun".

Kalimat yang mengatakan "menopause memengaruhi siapa saja yang mengalami menstruasi" juga telah ditambahkan. Frasa tersebut mengacu pada seseorang yang secara biologis ialah wanita, namun tidak lagi mengidentifikasi dirinya sebagai wanita.

Lima penyebutan lainnya untuk kata "woman" dan "women" yang dihapus dari halaman ikhtisar menopause sebagai bagian dari perbaikan tetap dihapus. Sementara itu, halaman kanker ovarium NHS telah mengalami perubahan serupa.

Kini, penjelasan di halaman tersebut berbunyi, "Kanker ovarium memengaruhi ovarium. Ini kebanyakan memengaruhi wanita di atas usia 50 tahun."

"Kanker ovarium bisa memengaruhi siapa saja yang memiliki ovarium."

Versi halaman sebelumnya, yang dirilis pada Januari lalu, hanya berbunyi, "Siapa pun yang memiliki ovarium bisa terkena kanker ovarium, tetapi sebagian besar memengaruhi mereka yang berusia di atas 50 tahun."

Ini merupakan perubahan dari penjelasan terdahulu yang menjabarkan, "Kanker ovarium, atau kanker indung telur, adalah salah satu jenis kanker paling umum pada wanita."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement