Ahad 23 Jul 2023 21:00 WIB

Gejala Kanker Bisa Terungkap dengan Periksa Seprai dan Bantal Saat Bangun Tidur

Gejala kanker kadang dapat disalahartikan dengan masalah kesehatan lain.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Bantal. Sarung bantal dan seprai yang basah oleh keringat setiap bangun tidur dapat menjadi pertanda gejala kanker.
Foto:

Hubungan ini tidak unik pada kanker tulang dan dapat dilihat pada berbagai kondisi lain juga. Orang dengan kanker stadium lanjut jenis apa pun mungkin juga berkeringat.

Kanani berbagi tanda-tanda lain dari kanker tulang. Nyeri tulang yang terus-menerus adalah gejala kanker tulang yang paling umum.

"Nyeri awalnya mungkin hilang-timbul, tetapi dapat berkembang menjadi konstan dan parah, serta sering kali memburuk pada malam hari atau dengan aktivitas," ujar dia.

Lalu, ada pembengkakan, kemerahan, dan peradangan pada tulang, yang dapat membuat gerakan menjadi sulit jika tulang yang terkena berada di dekat persendian. Tulang juga menjadi lemah dan lebih mudah patah dari biasanya.

Jika mengalami keringat berlebih, terutama di malam hari, segera berkonsultasi dengan dokter. Penting untuk mengomunikasikan tentang gejala, kekhawatiran, atau perasaan apa pun yang mungkin sedang dihadapi.

"Jika dicurigai adanya kanker tulang, dokter mungkin merujuk ke ahli onkologi atau ahli onkologi ortopedi, yang berspesialisasi dalam mendiagnosis dan mengobati kanker tulang. Spesialis ini akan memberikan panduan ahli dan menentukan tindakan yang paling tepat," jelas Kanani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement