Senin 17 Jul 2023 22:40 WIB

Profil Latto, Rapper yang Diajak Kolaborasi Jungkook di Lagu ‘Seven’

Jungkook menggandeng Latto berkolaborasi dengan Latto.

Rep: Mgrol146/ Red: Qommarria Rostanti
Latto, rapper yang diajak Jungkook BTS dalam lagi Seven.
Foto: @Instagram/latto777
Latto, rapper yang diajak Jungkook BTS dalam lagi Seven.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Salah satu member grup K-pop BTS, Jungkook, merilis lagu “Seven” pada Jumat (14/7/2023). Dalam lagu itu, Jungkook berkolaborasi dengan rapper perempuan bernama Latto. 

Baca Juga

Bagi yang belum mengetahui Latto, berikut ini profil singkatnya. Dilansir laman Allmusic,  Latto lahir dengan nama asli Alyssa Michelle Stephens pada 1998. Dia dibesarkan di sisi selatan Atlanta, di mana dia mulai ngerap pada usia 10 tahun. Diidentifikasi sebagai birasial, dengan ayah kulit hitam dan ibu kulit putih, dia pertama kali mengadopsi nama panggung Nona Mulatto.

Setelah memenangkan kompetisi TV saat remaja, rapper Atlanta ini dengan cepat menandatangani kesepakatan dan mulai mendapatkan perhatian karena liriknya yang cerdas dan gayanya yang mudah. Menyusul perilisan beberapa mixtape, Latto menerobos ke khalayak yang lebih luas dengan lagu kebangsaannya tahun 2019 "B*tch from Da Souf" dan album studio pertamanya Queen of Da Souf pada 2020. Rekor itu memecahkan posisi 50 Top Billboard 200.

Sebelum tampil di TV, Latto mengembangkan basis penggemar kuat dengan tampil di berbagai acara dan membagikan aktivitasnya di jejaring sosial. Pada 2016, pada usia 16 tahun, ia bergabung dengan Queen Latifah dan sebuah acara rap TV realitas yang diproduksi oleh Jermaine Dupri, The Rap Game. 

Setelah kemenangannya, dia menandatangani kontrak rekaman dengan Dupri's So So Def Recordings dan mengeluarkan single "No More Talking”.

Sebelum 2016 berakhir, Latto merilis proyek self-title yang terdiri atas delapan lagu. Segera setelah itu, dia mempersingkat nama panggungnya menjadi Latto dan mulai mengerjakan materi baru.

Pada 2017, gayanya menjadi lebih berani dan lebih percaya diri di Latto Let 'Em Know mixtape, rilisan lebih lama yang menampilkan bintang tamu dari Bandit Gang Marco, Lil Key, dan Molly Brazzy. Pada tahun berikutnya, dia kembali dengan 10 lagu mixtape self-titled. Rapper merilis sepasang EP pada 2019, dengan Big Latto muncul lebih dulu. EP tersebut menyertakan single "B*tch from Da Souf", yang menjadi lagu terbesarnya hingga saat ini. Sebagai single, lagu itu diputar jutaan kali. Pada November 2019, dia merilis EP lainnya, Hit the Latto. Dia kemudian menandatangani kontrak dengan RCA Records dan kembali pada Agustus 2020 dengan debut penuhnya, Queen of Da Souf. Album yang mencapai nomor 44 di Billboard 200, menyertakan lagu "B*tch from Da Souf", serta penampilan tamu dari Gucci Mane, City Girls, 21 Savage, dan lain-lain. 

Pada Mei 2021, dia secara resmi mengubah nama penampilannya menjadi Latto. September itu, dia mencapai nomor 14 di Hot 100 dengan lagunya "Big Energy", yang merupakan lagu pertama dari album penuh keduanya 777 pada 2022. Lagu tambahan seperti "Soufside" dan "Wheelie" yang menampilkan 21 Savage membantu 777 mencapai nomor 15 di Billboard 200. Latto menutup tahun dengan single non-album "FTCU" yang menampilkan GloRilla dan Gangsta Boo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement