Ahad 16 Jul 2023 22:49 WIB

Aktris Jane Birkin Meninggal Dunia, Pernah Menginspirasi Model Tas Tangan Hermes

Birkin-lah yang menginspirasi lahirnya model tas tangan Birkin besutan Hermes.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gita Amanda
Aktris dan penyanyi Jane Birkin
Foto: EPA
Aktris dan penyanyi Jane Birkin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris dan penyanyi Jane Birkin meninggal dunia dalam usia 76 tahun di kediamannya di Paris, Prancis, Ahad (16/7/2023). Perempuan kelahiran London, Inggris, itu juga merupakan ikon fesyen, yang menginspirasi lahirnya model tas tangan Birkin produksi rumah mode Hermes.

Dikutip dari laman BBC, Ahad (16/7/2023), Presiden Prancis Emmanuel Macron mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya Birkin. Macron menyebut Birkin sebagai "ikon Prancis" dan "artis paket lengkap" yang mewariskan banyak karya.

Baca Juga

Perdana Menteri Prancis, Elisabeth Borne, juga memberi penghormatan terakhir. "Melalui musik dan bakatnya, dia melampaui generasi," ucap Borne. Sementara, Duta besar Inggris untuk Prancis, Menna Rawlings, menyebut Birkin sebagai seniman Inggris yang "paling Prancis".

Birkin dirawat karena leukemia pada akhir 1990-an dan pada September 2021 dia diketahui mengidap stroke. Semasa hidupnya, bintang Inggris-Prancis itu dikenal karena hubungan pribadi dan artistiknya dengan penulis lagu Serge Gainsbourg, yang menginspirasi generasi fashionista di akhir 1960-an dan 1970-an.

Meski lahir di London, Birkin menjadi tenar setelah bernyanyi dalam bahasa Prancis. Dia pindah ke negara itu pada 1970-an. Hubungan pribadi dan artistiknya dengan Gainsbourg membuatnya terkenal secara internasional setelah hit mereka, "Je t'aime... moi non plus", meledak.

Duet tersebut direkam pada 1968, beberapa bulan setelah mereka bertemu di lokasi syuting film Slogan. Lagu sempat dilarang diputar di radio di beberapa negara dan dikecam oleh Vatikan karena liriknya terlalu seksual, tetapi malah dikenal oleh khalayak internasional.

Birkin dan Gainsbourg menjalin hubungan selama 12 tahun, lantas tetap berteman setelah perpisahan mereka. Pasangan itu memiliki seorang putri, Charlotte Gainsbourg, yang juga meniti karier sebagai aktris dan penyanyi.

Setelah berpisah dari Gainsbourg pada 1981, Birkin melanjutkan karier akting dan menyanyi. Dia merilis sejumlah album, termasuk Baby Alone in Babylone pada 1983 dan Amour des Feintes pada 1990. Sepanjang karier beraktingnya, Birkin membintangi sekitar 70 film.

Kredit akting Birkin termasuk film-film seperti Blow-Up (1966), Death on the Nile (1978), dan Evil Under the Sun (1982). Dia pun merilis album yang ditulis sendiri pada 2002 berjudul Arabesque dan kumpulan rekaman live pada 2009 dengan judul Jane at the Palace.

Sebelum pindah ke Prancis dan bertemu Gainsbourg, Birkin pernah menikah dengan komposer Inggris John Barry hingga akhir 1960-an. Putri mereka, Kate Barry, adalah seorang fotografer fashion yang bekerja untuk Vogue dan meninggal pada 2013 di usia 46 tahun. Birkin memiliki seorang putri lagi, yakni musisi, model dan aktris Lou Doillon, dari hubungannya dengan sutradara film Prancis Jacques Doillon.

Birkin juga seorang model dan secara luas dipandang sebagai trendsetter mode. Seperti yang sudah disebutkan, Birkin-lah yang menginspirasi lahirnya model tas tangan Birkin besutan Hermes yang diperkenalkan pada 1984.

 
photo
Tas Birkin keluaran Hermes. - (Reuters/Mario Anzuoni)

 

Ceritanya, sejak 1970-an, Birkin dikenal kerap membawa keranjang anyaman besar khas Portugal berukuran cukup besar ke mana-mana. Dia beralasan itu untuk penggunaan praktis, sebab dia mengeluhkan kurangnya tas perempuan berukuran besar di pasaran.

Suatu ketika, Birkin duduk bersebelahan dengan kepala desainer Hermes dalam sebuah penerbangan, dan ide Birkin segera direalisasikan oleh Hermes. Tas itu menjadi hit di dunia mode. Namun, pada 2015, Birkin meminta namanya dihapus dari tas mewah kulit buaya terlaris besutan Hermes, Birkin Croco.

Itu karena Birkin menduga ada praktik kekejaman terhadap buaya setelah melihat sebuah video sadis di sebuah peternakan buaya di Texas yang memasok kulit buaya kepada Hermes. Kala itu, pihak Hermes menyatakan segera melakukan penyelidikan.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement