Sabtu 15 Jul 2023 17:34 WIB

Ternyata Aktor Ini yang Menginspirasi Chris Nolan Bikin Film Oppenheimer

Film Oppenheimer tayang di Indonesia mulai 19 Juli 2023.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Poster Oppenheimer. Sutradara Oppenheimer, Christopher Nolan, mengatakan aktor Robert Pattinson yang menginspirasinya membuat film tersebut.
Foto: Universal Pictures
Poster Oppenheimer. Sutradara Oppenheimer, Christopher Nolan, mengatakan aktor Robert Pattinson yang menginspirasinya membuat film tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Film besar dari sutradara Christopher Nolan yang akan segera tayang adalah Oppenheimer di mana aktor Cillian Murphy akan jadi pemeran utamanya. Nolan "mengejar" untuk menyutradarai film ini karena terinspirasi dari aktor Robert Pattinson.

Oppenheimer didasarkan pada kisah nyata J Robert Oppenheimer, fisikawan yang penelitiannya berperan penting dalam pengembangan senjata nuklir pertama di dunia. Alasan dirinya ingin mengangkat kisah fisikawan ini karena perbincangannya dengan Pattinson.

Baca Juga

Dalam sebuah wawancara terbaru dengan Tara Hitchcock, terungkap bahwa Pattinson memberikan buku pidato Oppenheimer kepada Nolan. Sayangnya Pattinson tidak bisa ikut berpartisipasi dalam filmnya, lantaran Pattinson cukup sibuk.

“Ya, Rob, setelah Tenet, kita mengacu pada Oppenheimer, dan saya telah menulis hal ini sebagai momen luar biasa yang dimiliki Oppenheimer dan ilmuwan proyek Manhattan,” ujar Nolan dalam wawancara tersebut.

Oppenheimer dan ilmuwan proyek Manhattan, dikatakannya, dapat memunculkan kemungkinan mengerikan. Ketika mereka memicu gadget pertama atau perangkat atom pertama, mereka mungkin saja bisa memulai reaksi berantai yang akan menghancurkan dunia.

“Kami menggunakan itu sebagai metafora untuk Tenet, di mana Rob berada, (dan) sebagai hadiah, dia memberi saya buku pidato Oppenheimer dari tahun 1950-an. Kita bisa membaca intelek hebat ini mencoba menghadapi konsekuensi besar tentang cara mereka mengubah hidup selamanya, untuk kita semua,” ucap Nolan menjelaskan.

Nolan mengaku benar-benar terpikat pada ceritanya. Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Murphy juga ikut mengungkapkan pemikirannya tentang film yang dimainkannya itu.

“Saya adalah raja, saya benar-benar terkalahkan. Saya benar-benar, secara emosional terhempas oleh seluruh pengalaman. Itu membuatku agak ‘terkoyak’,” ujar Murphy yang berperan sebagai Oppenheimer.

Selain sebagai sutradara, Christopher Nolan juga menulis skenarionya, meskipun itu berdasarkan buku American Prometheus oleh Kai Bird dan Martin J Sherwin. Nolan juga menjadi produser bersama Emma Thomas dan Charles Roven. Pemeran lainnya adalah Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr, Florence Pugh, Casey Affleck, Rami Malek, Kenneth Branagh, Benny Safdie, Dane DeHaan, Jack Quaid, Matthew Modine, dan Tony Goldwyn.

Oppenheimer akan dirilis di bioskop Indonesia bersama Barbie pada 19 Juli 2023. Film ini diberi R-rated, menjadikannya film pertama yang disutradarai oleh Nolan yang memiliki peringkat tersebut sejak Insomnia tahun 2002.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement