Kamis 13 Jul 2023 20:54 WIB

Ada Banyak Mitos Soal Penyebab Bercak Putih Kuku, Ini Faktanya

Bercak putih pada kuku dapat terjadi akibat beberapa hal

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Kuku tangan wanita (Ilustrasi). Kemunculan white spots alias bintik putih dapat disebabkan oleh beberapa faktor.
Foto: Boldsky
Kuku tangan wanita (Ilustrasi). Kemunculan white spots alias bintik putih dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki bercak putih adalah salah satu masalah pada kuku yang paling umum, namun penyebabnya sering disalahpahami. Misalnya, banyak orang beranggapan  bintik-bintik putih pada kuku dikarenakan kekurangan vitamin.

"Saya sangat sering memiliki pasien yang datang dan berkata, 'Oh, kekurangan kalsium', tapi anggapan itu benar-benar mitos," kata dr Shari Lipner, seorang profesor dermatologi klinis di Weill Cornell Medical Center di AS, dikutip dari laman Today, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga

Sementara itu, dr Kristen Lo Sicco, profesor asosiasi di Ronald Departemen Dermatologi O Perelman Fakultas Kedokteran NYU Grossman, menjelaskan ketika ingin mengetahui lebih jelas terkait penyebabnya, coba perhatikan jumlah bintik yang muncul.

Munculnya beberapa bintik putih pada kuku mungkin disebabkan oleh masalah yang lebih ringan. Lain halnya jika lapisan putih di bagian kuku, itu bisa menandakan infeksi jamur.

"Jika Anda menekan kuku yang terkena dan area putih masih terlihat, itu disebut leukonychia," kata Lo Sicco.

Hal itu lebih sering dikaitkan dengan faktor eksternal, seperti kikir kuku yang agresif. Tetapi jika area putih hilang saat menekan kuku, kemungkinan besar tanda pseudo-leukonychia, yang menunjukkan kulit alas kuku terkena dampak di bawahnya.

Itu bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius dan bahkan beberapa kondisi kesehatan yang mendasarinya. Berikut beberapa penyebab sekaligus pengobatan bintik putih pada kuku.

1.Trauma

"Penyebab white spot yang paling umum adalah trauma," kata Lipner.

Kalau memang itu penyebabnya, trauma sering kali diakibatkan saat manikur. Mengikir kuku, manikur gel, dan memotong serta mendorong kutikula semuanya dapat menyebabkan bintik-bintik putih pada kuku.

Perawatan: Bintik putih akibat trauma akan tumbuh dan hilang seiring berjalannya waktu. Tetapi orang juga harus berhati-hati untuk melakukan kembali tindakan apa pun yang menjadi penyebab aslinya. Hindari mengikir kuku dengan agresif, dan jangan mendorong atau memotong kutikula, menurut saran Lipner.

2.Infeksi jamur

Sering kali, infeksi jamur menyebabkan kuku berwarna kuning. Tapi, kadang-kadang, itu bisa menjadi jenis jamur yang sangat dangkal.

"Itu bisa meninggalkan lapisan putih kecil semacam ini di kuku," kata Lipner.

Pengobatan: Infeksi jamur memerlukan pemeriksaan ke dokter kulit. Dokter akan mengambil sampel kuku untuk menguji keberadaan jamur dan, jika ada infeksi, maka akan diresepkan obat antijamur untuk mengatasi masalah tersebut.

3.Granulasi keratin

Area kuku yang putih dan kering ini diperkirakan terjadi akibat terlalu lama membiarkan cat kuku, menurut Lo Sicco. Pada dasarnya, ini berkembang ketika kuku tidak terkelupas dengan baik dari cat kuku yang dibiarkan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Perawatan: Untuk granulasi keratin superfisial yang kecil, Anda dapat membiarkannya atau mencoba mengikirnya dengan lembut. Tetapi penting untuk berhati-hati saat melakukannya sendiri dan tidak terlalu agresif dengan kuku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement