Kamis 13 Jul 2023 17:00 WIB

Tips Marinasi Daging Agar Rasa dan Teksturnya Pas Seperti di Resto

Salah mengolahnya, daging bisa alot atau rasanya menjadi tak karuan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penang Bistro berkolaborasi dengan Chef Norman Ismail menghadirkan rangkaian menu bertajuk Contemporary Malay Delights.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Penang Bistro berkolaborasi dengan Chef Norman Ismail menghadirkan rangkaian menu bertajuk Contemporary Malay Delights.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasak hidangan dengan bahan utama daging sapi susah-susah gampang bagi pemula. Salah dalam mengolahnya, tekstur daging bisa jadi alot atau rasanya malah menjadi berlebihan, sehingga kurang sedap disantap.

Chef Norman Ismail membagikan tips memasak hidangan daging sapi bernama spiced Malaya beef balachan. Menu itu merupakan bagian dari Contemporary Malay Delights, hasil kolaborasinya dengan rumah makan Penang Bistro.

Baca Juga

Norman memilih penggunaan daging sapi tenderloin, sebab metode memasaknya tidak perlu waktu terlalu lama. Begitu pun dengan proses marinasinya, yang cukup dengan pemakaian lada dan garam secukupnya.

"Marinasi tidak usah terlalu lama. 10 menit cukup, biar tidak merusak cita rasa. Saya juga ingin menonjolkan flavor asli dari daging," ungkap Norman.

Selama marinasi, Norman menyiapkan saus balachan yang dibuat dari terasi bakar, bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan gula merah. Dia menjelaskan, balachan yang digunakan itu merupakan terasi khas Malaysia.

Menurut Norman, aroma balachan Malaysia berbeda dengan aroma terasi Indonesia. Terasi bertekstur kering dan keras, sedangkan balachan warnanya lebih hitam dan teksturnya agak sedikit basah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement