Rabu 12 Jul 2023 00:24 WIB

Tukeran Handuk dengan Sesama Anggota Keluarga, Ini Bahayanya

Biasakan untuk tidak memakai handuk yang sama, termasuk dengan pasangan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Handuk harus sering dicuci setelah tiga hingga empat kali penggunaan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Handuk harus sering dicuci setelah tiga hingga empat kali penggunaan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda menggunakan handuk yang sama dengan anggota keluarga yang lain di rumah? Jika melakukannya, kemungkinan Anda akan berbagi penyakit lebih dari yang Anda duga.

Meskipun handuk pantai Anda mungkin tampak tidak berbahaya, sebenarnya handuk itu bisa dihinggapi kumat jahat. Bakteri dapat hidup di permukaan selama beberapa jam, hari, atau bahkan berbulan-bulan karena kemampuan bahan untuk mempertahankan kelembapan. Artinya, menggantinya setidaknya sekali dalam sepekan sangatlah penting.

Anda juga harus memastikan untuk menjemurnya di ruang terbuka alih-alih membiarkannya tertumpuk di lantai karena itu memungkinkan kuman berkembang biak. Dan yang terpenting, jangan berbagi handuk dengan siapa pun, tak terkecuali dengan pasangan Anda atau anggota keluarga lain.

Dilansir dari laman The Sun, Selasa (11/7/2023), konsultan dermatologis dr Firas Al-Niaimi mengatakan banyak kuman hidup di handuk.

"Infeksi kulit seperti moluskum kontagiosum, impetigo dan kutil virus dapat menyebar melalui penggunaan handuk bersama," katanya.

Molluscum adalah poxvirus, yang menyebabkan benjolan kecil yang menonjol yang mungkin muncul di mana saja di kulit. Biasanya, itu tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi bisa terasa gatal, terutama jika orang tersebut menderita eksim.

Tubuh biasanya membersihkan infeksi dengan sendirinya dalam waktu enam hingga sembilan bulan. Namun, terkadang perlu waktu empat tahun untuk menghilang sepenuhnya.

Sementara impetigo adalah infeksi kulit bakteri yang sangat menular yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus. Ini biasanya mengarah ke area merah, hijau, dan kuning yang sedikit bengkak di suatu tempat di tubuh, sering kali di wajah.

Dosis antibiotik oral biasanya dapat membasminya dalam tujuh hingga sepuluh hari, tetapi sebelum itu bisa sangat tidak menyenangkan. Dan kemudian ada kutil virus, yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV).

Kutil virus dapat terasa kencang dan kasar, dan biasanya muncul di telapak tangan, buku jari, lutut, dan jari. Menurut National Health Service (NHS) di Inggris, ini berbeda dengan kutil kelamin, yang tidak dapat ditransfer melalui berbagi handuk.

Sebagian besar kutil tidak perlu dikhawatirkan dan dapat diobati dengan produk yang dijual bebas. Namun, jika menyebabkan ketidaknyamanan, berubah secara dramatis dalam penampilan, atau berdarah atau menyebar, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Infeksi juga dapat ditransfer dari handuk, meskipun pemilik handuk tidak memiliki infeksi yang diketahui. Ini karena kita semua memiliki kumpulan mikroba, seperti bakteri, jamur, dan virus yang hidup di kulit kita. Ini mungkin terdengar sedikit mengkhawatirkan, tetapi itu sepenuhnya normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement