Selasa 06 Jun 2023 14:19 WIB

Handuk Lama Terasa Kasar? Coba Perbaiki dengan Bumbu Dapur Ini

Tekstur handuk yang lembut berubah menjadi kasar karena terpapar residu deterjen.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Handuk bisa kembali lembut dan empuk dengan menggunakan cuka putih (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Handuk bisa kembali lembut dan empuk dengan menggunakan cuka putih (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring waktu tekstur handuk yang lembut bisa berubah menjadi kasar karena terpapar oleh residu deterjen dan minyak tubuh. Tekstur handuk yang kasar ini bisa berubah kembali lembut dengan cuka putih.

Untuk melembutkan handuk yang kasar, cuka putih bisa dimasukkan ke laci deterjen mesin cuci ketika mencuci handuk. CEO Laundryheap, Deyan Dimitrov, mengungkapkan bahwa penambahan cuka putih bisa meregangkan serat-serat handuk sehingga membuatnya terasa lebih lembut.

Baca Juga

Selain itu, cuka putih juga mampu membersihkan penumpukan residu deterjen yang menempel pada handuk. Dengan begitu, tekstur kain handuk bisa terasa lebih empuk. "Seempuk saat Anda baru membelinya," ungkap Dimitrov, seperti dilansir Express, Selasa (6/6).

Manfaat lain dari penggunaan cuka putih adalah menghilangkan bau yang mudah menempel di handuk. Bau ini biasanya menempel bila handuk tak dikeringkan secara menyeluruh setelah digunakan.

Bila ingin mencoba trik mencuci handuk dengan cuka putih, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Yang pertama, jangan masukkan pakaian lain selain handuk ke dalam mesin cuci. Selain itu, jangan menaruh handuk terlalu penuh di dalam mesin cuci.

Selanjutnya, masukkan detergen pod atau deterjen biasa ke mesin cuci. Masukkan pula cuka putih sekitar setengah cangkir ke dalam laci deterjen di mesin cuci. Bila memungkinkan, atur suhu air menjadi 60 derajat Celsius agar proses mencuci bisa lebih mendalam. Lakukan proses mencuci selama sekitar dua jam.

Setelah proses mencuci selesai, segera keringkan handuk menggunakan fitur pengering di mesin cuci. Mengingat handuk bisa menahan cukup banyak air, lakukan proses pengeringan sebanyak dua kali. Setelahnya, jemur handuk di bawah paparan sinar matahari.

Metode pencucian ini dapat membuat handuk yang semula kasar terasa lebih lembut dan empuk. Selain itu, handuk juga menjadi bersih dan tak berbau.

Saat mencuci handuk dengan metode ini, penting untuk memilih produk cuka putih yang aman dan berkualitas. Pastikan produk cuka putih yang digunakan tidak toksik dan efektif untuk proses membersihkan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah frekuensi pencucian. Para ahli menyarankan agar handuk dicuci setiap tiga hari. Akan tetapi, cuka putih tak perlu selalu digunakan setiap kali handuk dicuci. Penggunaan cuka putih untuk mencuci handuk cukup dilakukan sekali setiap enam pekan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement