Senin 10 Jul 2023 16:06 WIB

Transgender Menang Miss Universe Belanda, Warganet: Anda Curi Titel Ini dari Wanita Sejati

Kemenangan Rikkie Valerie Kolle sebagai Miss Universe Belanda mendapat kritikan.

Rep: Mgrol146/ Red: Qommarria Rostanti
Rikkie Valerie Kolle dinobatkan sebagai Miss Universe Belanda. Kemenangan Kolle mengundang komentar negatif warganet.
Foto: Instagram
Rikkie Valerie Kolle dinobatkan sebagai Miss Universe Belanda. Kemenangan Kolle mengundang komentar negatif warganet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Rikkie Valerie Kolle memantik kontroversi di media sosial. Pasalnya, dia merupakan transgender pertama yang menjadi pemenang Miss Belanda 2023 pada 8 Juli 2023, bukan merupakan wanita asli dari lahir.

Runner-up pertama ajang tersebut adalah Nathalie Mogbelzada yang berusia 26 tahun, berasal dari Amsterdam. Sedangkan Habiba Mostafa dan Lou Dirchs mendapatkan gelar Miss Congeniality dan Miss Social Media. Acara yang digelar di Teater AFAS di Leusden itu dihadiri oleh Miss Universe yang populer, R'Bonnet Gabriel.

Baca Juga

Menangnya Rikkie Valerie Kolle memicu kritik di media sosial, di mana dia disebut laki-laki oleh beberapa pengguna media sosial. Beberapa lainnya tidak puas dengan fakta bahwa laki-laki biologis yang bertransisi menjadi perempuan dalam kontes kecantikan.

"Kami sudah muak dengan omong kosong ini. Anda mencuri titel ini dari wanita sejati. Anda sama sekali tidak punya apa-apa untuk dibanggakan," tulis akun @sensibly*** di kolom komentar akun Instagram pribadi Kolle.

Ada juga akun @renegadeg* yang menulis,"Hanya seorang pria yang berpakaian wanita dan berpura-pura menjadi wanita".

"Anda sungguh memalukan karena mengambil peluang dari wanita sejati," kata akun @desertrunner***.

Akun @mama_andherb* mengatakan, "Ini tidak baik. Anda seorang pria dan akan selalu menjadi pria. Berhenti 'menyingkirkan' wanita. itu kotor dan tidak adil. Pergi dan bersainglah dengan laki-laki. Ini harus dihentikan".

Meski banyak yang mengkritik, ada juga segelintir yang mendukung Kolle. Misalnya akun @zairekrie* yang menulis, "Selamat cantik".

Rikkie Valerie Kolle merupakan penduduk asli Breda. Meskipun tanggal lahir dan latar belakang pendidikan Rikkie Valerie Kolle masih belum diketahui, dia dikabarkan berusia 22 tahun. Menyusul kemenangannya sebagai Miss Belanda 2023, dia sekarang menjadi transgender pertama yang memenangkan gelar tersebut.

Kolle bukan sosok pertama yang mengikuti kontes serupa di dunia. Sebelumnya, ada Angela Ponce menjadi kontestan transgender pertama dalam kontes Miss Universe. Ponce mewakili Spanyol pada 2018 setelah meraih gelar Miss Spanyol. Hanya saja, Ponce tidak berhasil memenangkan mahkota kontes kecantikan tersebut.

Kolle aktif di Instagram dengan pengikut sekitar 25 ribu orang dan 135 postingan. Sebagian besar postingannya menampilkan pose dengan pakaian yang berbeda. Saat  memenangkan Miss Belanda 2023, dia membagikan momen bahagia tersebut melalui Instagram Story, mulai dari penampilannya di atas panggung hingga saat dia diumumkan sebagai pemenang.

Postingan terbaru sang model dibagikan tiga hari lalu, di mana ia mengenakan busana satin berwarna merah. Di keterangan foto menyatakan bahwa itu adalah pemotretan resmi untuk Miss Belanda. 

Rikkie Valerie Kolle selanjutnya akan mewakili Belanda di Miss Universe ke-72 2023 yang akan diadakan di El Salvador. Dilansir media Sportskeeda dalam sebuah wawancara dengan World360News, Kolle membahas pentingnya jujur ​​pada dirinya sendiri. Dia mengatakan, ingin menggunakan platform untuk memberdayakan semua orang dan memastikan tidak ada yang harus menghadapi diskriminasi apa pun saat mengungkapkan identitas mereka.

Selain dia, ada sembilan finalis lainnya dalam pemilihan Miss Belanda 2023 yakni Habiba Mostafa, Ruby-Ann Chwatchko, Nazeli Kouki, Chanille Hupsel, dan Lidewei van der Staaij. Ada juga Beate van der Weide, Nathalie Mogbelzada, Christina Cairo, dan Lou Dirchs. Selain itu, dewan juri adalah Zoey Ivory, Nicky Opheij, Monica van Ee, Ona Moody, Julia Sinning, Denise Speelman, dan Rahima Dirkse.

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement