Ahad 09 Jul 2023 17:35 WIB

Makan Buah dan Sayur Warna Kuning Ini Bagus untuk Mata

Lutein dan zeaxanthin dapat membantu meningkatkan penglihatan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gita Amanda
Memasukkan buah dan sayuran berwarna kuning dalam menu harian dapat meningkatkan fungsi penglihatan. (ilustrasi).
Foto: Max Pixel
Memasukkan buah dan sayuran berwarna kuning dalam menu harian dapat meningkatkan fungsi penglihatan. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasukkan buah dan sayuran berwarna kuning dalam menu harian dapat meningkatkan fungsi penglihatan. Menurut studi terbaru, jenis makanan itu bagus untuk mata sebab kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin.

Lutein dan zeaxanthin dapat membantu meningkatkan penglihatan dengan membantu mata dalam proses penerimaan cahaya. Deretan buah dan sayur berwarna kuning itu antara lain melon, paprika kuning, labu, dan jagung.

Baca Juga

Meski pun berwarna kuning, sebenarnya senyawa lutein dan zeaxanthin juga ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam. Pada kedua jenis sayuran hijau tersebut, klorofil hijau yang ada dalam sayuran menutupi warna kuning.

Menurut penelitian oleh University of Georgia, dua senyawa yang disebutkan telah terbukti dapat membantu mendukung fungsi penglihatan dan membantu meningkatkan kesehatan mata. Para ilmuwan pun menemukan lutein dan zeaxanthin menumpuk di retina.

Senyawa kuning lutein dan zeaxanthin terkumpul sebagai pigmen kuning di retina, yang kemudian bertindak sebagai filter untuk membantu mencegah cahaya biru memasuki mata. "Konsentrasi yang lebih tinggi dari pigmen tanaman ini meningkatkan banyak aspek visual mata," ujar salah satu peneliti, Jack Harth, dikutip dari laman Daily Record, Ahad (9/7/2023).

Penelitian tersebut berfokus pada peningkatan penglihatan para atlet. Peneliti menyarankan agar atlet makan lebih banyak makanan yang kaya lutein dan zeaxanthin guna membantu meningkatkan kemampuan alami mata.

Penulis lain dalam studi, Billy Hammond, mengatakan bahwa peningkatan jumlah lutein dan zeaxanthin di retina juga meningkatkan kontras kromatik dan waktu reaksi visual-motorik. Asupan senyawa itu juga mendukung fungsi eksekutif di otak, seperti pemecahan masalah dan ingatan.

"Namun, karena adanya variasi dalam cara tubuh menyerap lutein dan zeaxanthin, diperlukan beberapa saat sebelum perbaikan terlihat," kata Hammond.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement