Sabtu 08 Jul 2023 07:03 WIB

Anak Raffi Ahmad 'Hobi' Makan Ikan Shishamo, Seperti Apa Rasa dan Gizinya?

Ikan shishamo tidak hanya kaya nutrisi tapi juga rendah merkuri.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Ikan shishamo.
Foto: www.freepik.com
Ikan shishamo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini viral soal anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza, yang gemar makan ikan shishamo. Apa sebenarnya ikan shishamo yang disukai anak yang dipanggil Cipung ini?

Dilansir laman The Spruce Eats, Jumat (7/7/2023), shishamo adalah ikan air asin kecil milik keluarga ikan kecil Osmeridae. Ini adalah ikan yang biasa dimakan dalam masakan Jepang yang hanya dipanggang, dan sering ditemukan di menu restoran Jepang ala izakaya (tapas).

Baca Juga

Sementara istilah Jepang shishamo dan komochi shishamo digunakan secara bergantian di beberapa menu restoran, komochi shishamo secara khusus mengacu pada bau (shishamo) yang mengandung banyak telur (komochi). Telur shishamo biasanya berwarna keputihan-kuning dan inilah yang membuat komochi shishamo unik dan lezat. Faktanya, ikan itu sangat kecil sehingga memiliki sedikit daging, dan Anda akan menemukan bahwa daging ikan yang sebenarnya hampir seluruhnya terdiri dari kaviar. Mungkin aspek shishamo inilah yang membuat ikan ini begitu unik.

Mengingat shishamo adalah ikan yang sangat kecil (yang dijual di pasar rata-rata panjangnya sekitar tujuh inci), tulang lunaknya yang tipis dan kepalanya biasanya dikonsumsi bersama kaviar dan sisa ikan, termasuk ekornya. Saat ikan dipanggang dengan baik, Anda akan menemukan kepala dan ekornya menjadi renyah dan garing, dan itu sebenarnya cukup nikmat. Meskipun seluruh ikan dapat dikonsumsi, ikan ini mungkin tidak untuk semua orang.

Dilansir laman Livestrong, meskipun namanya mungkin tidak menggoda selera, namun jangan terkecoh. Ikan ini dikenal karena rasanya yang enak. Ikan kecil berwarna hijau keperakan ini mirip dengan ikan sarden dan ikan teri. Sebagian besar ikan dewasa memiliki panjang 7 hingga 9 inci dan berat hingga 6 ons. 

Ikan ini tidak hanya sarat dengan nutrisi sehat, tetapi juga rendah merkuri. Anda dapat menikmati manfaat kesehatan yang melimpah dari smelt dengan menyajikannya dengan dipanggang atau digoreng ringan.

Ikan ini kaya akan vitamin dan mineral penting. Ikan ini mengandung mineral seperti kalsium, yang membantu membangun dan melindungi tulang dan gigi yang sehat dan membantu kontraksi otot yang tepat. Ikan juga mengandung fosfor, yang membantu mengubah makanan menjadi energi dan membantu membawa nutrisi masuk dan keluar sel Anda dan potasium, yang membantu menjaga detak jantung tetap stabil. Ikan kecil ini juga mengandung vitamin D, yang membantu memperkuat gigi dan tulang serta vitamin B yang membantu mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan kulit, rambut, darah, dan fungsi otak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement