Senin 09 Oct 2023 01:52 WIB

Dialami oleh Cipung, Ini Cara Pencegahan dan Pengobatan Adenovirus

Tidak ada pengobatan khusus untuk infeksi adenovirus.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Orang yang terkena adenovirus dapat meredakan sebagian besar gejala dengan obat penurun demam dan pereda nyeri yang dijual bebas.  (ilustrasi)
Foto: www.hippopx.com
Orang yang terkena adenovirus dapat meredakan sebagian besar gejala dengan obat penurun demam dan pereda nyeri yang dijual bebas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Anak kedua pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad atau yang kerap disapa Cipung belum lama ini dirawat di rumah sakit. Adik Rafathar Malik Ahmad itu sakit radang paru-paru karena adenovirus 

Dilansir Cleveland Clinic, Ahad (8/10/2023), tidak ada pengobatan khusus untuk infeksi adenovirus. Kebanyakan infeksi bersifat ringan dan hanya memerlukan peringan gejala. 

Baca Juga

Orang yang terkena adenovirus dapat meredakan sebagian besar gejala dengan obat penurun demam dan pereda nyeri yang dijual bebas. Selain itu, pastikan untuk banyak minum air putih dan banyak istirahat. 

Pastikan untuk menemui penyedia layanan kesehatan Anda, jika mengalami gejala parah dan/atau sistem kekebalan tubuh melemah. Anda mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit untuk membantu Anda pulih dari infeksi serius. Dalam kasus yang jarang terjadi, orang yang terkena adenovirus mungkin memerlukan pengobatan dengan obat antivirus seperti cidofovir atau ribavirin. 

Di sisi lain, obat antivirus tidak berguna untuk pengobatan pada orang dengan sistem kekebalan yang sehat. Antibiotik tidak akan bekerja pada adenovirus. 

Lalu, bagaimana cara pencegahannya? Anda bisa mengurangi risiko terkena infeksi adenovirus dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air. Cuci setidaknya selama 20 detik. 

Hindari menyentuh mulut, hidung, atau mata jika Anda belum mencuci tangan. Cobalah untuk menjauh dari orang yang sedang sakit. Kemudian, bersihkan dan disinfeksi mainan anak Anda sesering mungkin, bersihkan meja, wastafel, dan permukaan keras lainnya dengan campuran pemutih dan air. I

Jika Anda sudah terjangkit infeksi adenovirus, langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebarannya adalah tinggal di rumah jika Anda sakit, bersin dan batuk ke siku atau tisu. Jangan batuk atau bersin ke tangan Anda. 

Pencegahan lainnya yaitu dengan tidak berbagi peralatan makan, gelas, handuk dan bantal dengan orang lain, jaga jarak dengan orang lain. Hindari berpelukan dan berciuman. Terakhir, sering-seringlah mencuci tangan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement