Jumat 07 Jul 2023 20:19 WIB

Mengapa Remaja tak Malu 'Sayang-sayangan' di Tempat Umum, Blak-blakan Soal Seks Pranikah?

Sebagian remaja menganggap lazim perilaku seks sebelum menikah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Remaja berpacaran (ilustrasi). Sebagian remaja menganggap seks pranikah adalah hal lazim dan tak melanggar norma.
Foto:

Selanjutnya, Kasandra mengungkapkan perilaku asusila atau perilaku seksual yang tidak pantas di tempat umum dapat terjadi akibat beberapa faktor psikologis. Keterbatasan pengendalian diri, kurangnya pemahaman konsekuensi, pengaruh lingkungan dan tekanan kelompok, minimnya pemahaman tentang privasi dan batasan, serta adanya impulsivitas termasuk di dalamnya.

Kasandra menuturkan bahwa faktor-faktor tersebut dapat saling berinteraksi dan setiap individu mungkin memiliki kombinasi yang berbeda. Menurutnya, setiap kasus juga perlu dievaluasi secara individual karena penyebab dan motivasi perilaku asusila dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain.

"Penting juga untuk melibatkan pendidikan, pembinaan, dan dukungan yang tepat untuk membantu anak muda memahami dan mengubah perilaku mereka agar lebih sesuai dengan norma dan nilai-nilai sosial yang diterima," ujarnya.

Kasandra pun mengingatkan anak perlu dididik agar terhindar dari hal negatif. Ada beberapa prinsip dan strategi yang dapat diterapkan oleh orang tua.

"Pemberian contoh yang baik, komunikasi yang terbuka dan empati, dan pembentukan hubungan yang sehat harus dilakukan," ujarnya.

Lalu, orang tua juga perlu mengajarkan keterampilan sosial dan emosional, mengajarkan pemecahan masalah, dan memberikan batasan dan aturan yang jelas. Ayah dan ibu pun perlu mengajarkan nilai-nilai dan etika serta memperhatikan kebutuhan anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement