Kamis 06 Jul 2023 08:45 WIB

Tujuh Hari tidak Dicuci, Seprai Kotornya Lebih Parah dari Dudukan Kloset

Cuci seprai sekali dalam sepekan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kasur. Sarung bantal dan seprai perlu dicuci secara berkala.
Foto:

Saphier menyarankan untuk mandi sebelum naik ke tempat tidur. Keringkan rambut yang basah sebelum tidur guna mencegah basahnya sarung bantal agar tidak menjadi sarang berkembang biaknya patogen.

Selain itu, pastikan untuk mencuci seprai setidaknya sekali sepekan. Mencuci seprai setiap pekan sangat dianjurkan dalam banyak kasus, sesuai dengan panduan WebMD.

Sarung bantal yang kotor juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat karena kotoran, kulit mati dan bakteri yang menempel yang dapat menyumbat pori-pori. Untuk mengatasi jerawat yang parah, situs kesehatan ini menyarankan untuk mengganti sarung bantal setiap dua sampai tiga hari sekali.

Jika Anda sakit, seprai harus segera dicuci untuk membunuh kuman yang masih ada, karena beberapa bakteri dan virus dapat bertahan hidup lebih lama daripada yang lain. Faktor-faktor lain yang dapat menambah kotor seprai di antara tidur telanjang, ngemil di tempat tidur, hingga berkeringat berlebihan di malam hari.

WebMD juga menyarankan untuk mencuci seprai dengan air panas, jika label perawatannya memungkinkan. Gunakan pengering untuk membunuh kuman yang tersisa yang mungkin masih ada dalam siklus pencucian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement