Selasa 21 Mar 2023 20:24 WIB

Perhatikan Ini Ketika Ganti Seprai, Jangan Sampai Malah Bau Apek

Salah memasang seprai dapat meningkatkan kemungkinan munculnya jamur dan bau apek.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Seprai (ilustrasi). Pakar membagikan tips cara merapikan tempat tidur dan seprai yang benar.
Foto: www.freepik.com
Seprai (ilustrasi). Pakar membagikan tips cara merapikan tempat tidur dan seprai yang benar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seprai harus diganti sepekan sekali. Salah memasang seprai dan selimut, pada gilirannya dapat meningkatkan kemungkinan munculnya jamur dan bau apek yang menjijikkan.

Dilansir laman Huffington Post, para ahli di Happy Beds membagikan tujuh tips yang harus diketahui untuk merapikan tempat tidur dengan benar:

Baca Juga

1. Selalu cuci seprai dan selimut sebelum memasangnya

Meskipun ini tampak masuk akal, sangat penting untuk memastikan bahwa sarung bantal guling, seprai, dan selimut harus segera dicuci setelah dilepas. Karena rata-rata orang berkeringat antara 500 ml dan 700 ml setiap malam. Seprai harus dicuci dengan air panas 60 derajat Celsius agar semua keringat, debu, dan kotoran lainnya terbunuh.

2. Cara mengeringkan seprai dan selimut dalam waktu cepat

Semua alas tidur harus dikeringkan sebelum disimpan, karena kelembapan sekecil apa pun dapat menyebabkan masalah jamur dan bau apek. Cara terbaik untuk mengeringkan seprai adalah dijemur di luar, namun jika tidak memungkinkan, ada dua trik yang bisa dicoba.

Mulailah dengan menempatkan rak pengering di sebelah radiator sebelum memasukkan separuh seprai ke raknya, dan separuh lainnya ditempatkan di bagian belakang radiator.

Saat lembaran seprai terbentang, ini mengisolasi udara hangat, memungkinkannya mengering lebih cepat. Namun, pastikan bagian belakang radiator bersih sebelum melakukan ini.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat meletakkan seprai ke rel gorden, yang bahkan lebih efisien jika radiator dinyalakan di bawahnya.

3. Hindari menyimpan seprai di kamar mandi

Banyak orang percaya bahwa mereka harus menyimpan semua linen, termasuk seprai dan handuk, di lemari linen kamar mandi mereka. Tapi ini adalah hal terburuk yang dapat dilakukan. Lemari bisa menjadi sangat lembap, menyebabkan tumbuhnya jamur dan lumut jika dibiarkan dalam waktu lama.

4. Jangan menyimpan seprai dalam wadah plastik

Mrs Hinch dan Marie Kondo telah memengaruhi semua orang untuk menyimpan segala sesuatu di keranjang rotan, wadah plastik, dan banyak lagi. Anda tidak boleh menyimpan seprai dalam wadah berbahan plastik karena plastik memancarkan gas yang dapat merembes ke seprai, menyebabkan noda kuning.

Jika ingin menyimpan seprai dalam kotak, pastikan itu terbuat dari kain atau rotan dan tidak memiliki penutup. Karena tidak peduli seberapa kering seprainya, wadah plastik dapat lembap dan menyebabkan jamur atau lumut.

5. Lipat seprai di dalam sarung bantal yang cocok untuk menyatukan semuanya

Pernahkah Anda mencari-cari pasangan seprai dan sarung bantal karena dilipatnya tidak berbarengan? Jika demikian, maka harus mulai melipat seprai dengan sarung bantal guling ke dalam sarung bantal yang tersisa. Dengan begitu, seprai tidak hanya terlindung dari perubahan warna, tetapi juga akan selalu matching ketika dipasang.

6. Tambahkan laundry beads ke tempat penyimpanan seprai

Jika ingin tempat tidur tetap segar lebih lama, letakkan laundry beads di dalam cangkir terbuka atau kantong jaring, lalu tambahkan di samping seprai. Ingatlah untuk menyimpannya dengan benar di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh anak-anak dan hewan peliharaan.

7. Gunakan bubuk kopi untuk menciptakan aroma yang harum

Jika tidak ingin menggunakan laundry beads, bisa juga menggunakan kopi sebagai penghilang bau. Cukup ambil beberapa bubuk kopi segar, dan letakkan di cangkir tertutup berlubang agar baunya bisa keluar. Ingatlah untuk mengganti kopi secara teratur (setiap bulan).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement