Rabu 05 Jul 2023 20:13 WIB

Benda yang Harus Dibawa Ketika Naik Pesawat, Kalau Ketinggalan Bisa Repot

Ada satu barang yang perlu dibawa penumpang pesawat, tak peduli apapun musimnya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Barang-barang yang harus dibawa ketika bepergian dengan pesawat. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Barang-barang yang harus dibawa ketika bepergian dengan pesawat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda masih bingung apa yang perlu dikemas terutama jika bepergian dengan pesawat? Jika ya, profesional awak kabin, Caroline membagikan wawasan perjalanannya di akun Tiktok miliknya.

Perempuan yang tinggal di Florida, Amerika Serikat (AS), ini menyarankan untuk selalu membawa sweter di pesawat dan ke bandara tidak peduli musim apa, dan seperti apa cuaca di lokasi yang mereka tuju. “Pesawat kadang bisa-bisa dingin,” ujar Caroline, dilansir laman Express, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga

Meskipun membawa sweter tampaknya berlawanan ketika Anda  bepergian ke destinasi yang panas, Caroline merekomendasikan untuk memakainya di pesawat bukan di tempat tujuan wisata.

“Bahkan jika Anda pergi ke suatu tempat tropis dan Anda tidak membutuhkannya, bawalah ke dalam pesawat, kenakan pakaian yang hangat,” katanya.

Dia kemudian menyebutkan banyak maskapai penerbangan tidak memiliki selimut. Jadi, Caroline menuturkan, jangan mengandalkan itu.

“Itu sebabnya saya mengatakan berpakaian dengan hangat,” ujar Caroline.

Caroline juga menyarankan berpakaian berlapis karena itu cara paling efektif untuk memastikan Anda merasa nyaman, setidaknya dalam suhu yang lebih dingin di pesawat. Selain sweter, yang harus dibawa dalam penerbangan adalah paspor, visa, tas atau dompet, ponsel, travel charger, botol air, pembersih, tisu, losion tangan, makanan ringan, bantal perjalanan, headphone, pelembap bibir, deodoran, sikat gigi, dan pasta gigi.

Ada juga beberapa kiat perjalanan lain yang dibagikan Caroline untuk membantu para pelancong mengatasi kekacauan. Yaitu, jika Anda memesan penerbangan lanjutan, pastikan untuk memberi diri Anda setidaknya dua jam di antara penerbangan.

Banyak dari situs web pihak ketiga ini yang memungkinkan Anda memesan sesuatu dengan selang waktu 30 menit. Menurut Caroline, ini tidak cukup waktu.

“Bahkan satu jam ini benar-benar tidak cukup waktu. Beri diri Anda dua jam antara penerbangan lanjutan,” katanya.

Di sisi lain, Caroline juga membagikan kiat perjalanan dirinya. Pertama, gunakan Google Flights untuk membandingkan harga. Kedua, periksa harga bahkan setelah memesan, terkadang Anda dapat membatalkan dan memesan ulang jika lebih murah.

Ketiga, semakin awal penerbangan, semakin sedikit kemungkinan penundaan. Keempat, investasikan dalam kartu kredit maskapai penerbangan dan kumpulkan poin. Kelima, tetap berpegang pada satu maskapai penerbangan untuk mendapatkan status dengan mereka, itu akan terbayar dalam jangka panjang. Keenam, bawa barang bawaan hanya jika memungkinkan. Ketujuh, bawa makanan ringan Anda sendiri dan botol air yang dapat digunakan kembali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement