Selasa 04 Jul 2023 10:17 WIB

Cara Mengecek Kemungkinan Lensa Kontak Masih Tertinggal di Mata

Terkadang, orang erlupa apakah lensa kontak masih tertinggal di mata atau tidak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Lensa kontak. Cuci tangan sebelum memasang atau melepaskan lensa kontak.
Foto:

5. Meraba bola mata

Saat cara sebelumnya tidak berhasil, Lazar menyarankan menutup mata dan meraba kelopaknya dengan lembut. Adanya benjolan atau riak bisa menjadi tanda lensa kontak berada.

Setelah mengetahui letaknya, arahkan bola mata ke arah yang berlawanan. Kemudian, dengan mata tertutup, pijat perlahan kelopak mata untuk mengembalikan lensa ke tempatnya yang benar.

 

6. Periksa kelopak mata

Sering kali, lensa kontak yang hilang tersangkut di kelopak mata. Menurut Lazar, kasus itu umum terjadi saat kondisi mata kering. Untuk menemukannya, mulailah dengan memeriksa kelopak mata bawah dengan cara menariknya ke arah bawah dengan tangan.

Selanjutnya, periksa area atas dengan menarik kelopak mata atas ke atas sambil melihat ke bawah. Karena sulit untuk melihat kondisi kelopak sendiri, Lazar menyarankan minta bantuan seseorang untuk mengecek mata.

Dengan berbagai kemungkinan yang ada, Lazar mengingatkan bahwa lensa kontak tidak akan bisa berpindah ke area belakang mata karena struktur mata manusia. Tepatnya, karena konjungtiva, selaput yang menutupi bagian depan mata, membentuk kantung yang mencegah benda masuk ke belakang mata.

Namun, segera hubungi dokter jika lensa kontak dicemaskan masih tersangkut di mata dan muncul rasa tidak nyaman. Dokter dapat menggunakan peralatan medis untuk melihat apakah lensa masih ada di mata. 

"Keselamatan harus selalu didahulukan saat berurusan dengan mata," ucap Lazar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement