Selasa 04 Jul 2023 08:42 WIB

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Tidak menyikat gigi dengan benar bisa ganggu kesehatan gigi dan mulut.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Sikat gigi anak (Ilustrasi). Gunakan pasta gigi berflouride untuk menyikat gigi.
Foto: Max Pixel
Sikat gigi anak (Ilustrasi). Gunakan pasta gigi berflouride untuk menyikat gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak menyikat gigi dengan benar akan menyebabkan terganggunya kesehatan gigi dan mulut. Salah satunya ialah bau mulut yang tidak sedap. Lalu, bagaimana cara menyikat gigi dengan benar?

1. Memilih sikat gigi yang tepat

Baca Juga

Langkah pertama adalah memilih sikat gigi yang tepat. Pilih sikat gigi berbulu halus dengan kepala kecil yang dapat dengan mudah menjangkau seluruh area mulut Anda menjadi yang terbaik.

"Saya merekomendasikan sikat gigi elektrik sebagai metode terbaik, kekuatannya tak tertandingi," ujar dokter gigi dan pendiri Paste Dental Belfast, dr Alan Clarke, seperti dilansir laman Express, Selasa (4/7/2023).

2. Gunakan pasta gigi berfluoride

Langkah selanjutnya adalah menggunakan pasta gigi berfluoride. Kandungannya dapat membantu memperkuat enamel gigi dan membuatnya lebih tahan terhadap kerusakan gigi.

3. Sikat gigi satu per satu

Dokter gigi di Bupa Dental Care, Faizan Zaheer menyebut pentingnya menyikat gigi dua kali sehari selama minimal dua menit.

"Satu gigi setiap kali, memposisikan sikat Anda pada sudut 45 derajat ke arah gusi," ujarnya.

Sikat gigi secara sistematis satu per satu sehingga tidak ada area yang terlewatkan. "Karena gigi melengkung, Anda perlu memanipulasi sikat agar bulu sikat bekerja di sekitar permukaan yang melengkung."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement