Senin 03 Jul 2023 14:14 WIB

Pengguna Twitter Blue Ngamuk Setelah Kebijakan Baru Elon Musk

Twitter Blue adalah langganan berbayar yang menambahkan tanda centang biru.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Twitter Blue. Pengguna Twitter Blue ngamuk setelah kebijakan baru yang ditetapkan Elon Musk.
Foto: twitter
Twitter Blue. Pengguna Twitter Blue ngamuk setelah kebijakan baru yang ditetapkan Elon Musk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bos Twitter Elon Musk menerapkan kebijakan baru di Twitter yaitu pembatasan jumlah tweet yang dilihat pengguna setiap hari. Kebijakan ini dilakukan untuk mengatasi tingkat ekstrem dari pengikisan data dan manipulasi sistem.

Dalam akun Twitter-nya, Musk menjelaskan akun terverifikasi dapat membaca hingga 6.000 postingan per hari. Untuk akun yang belum terverifikasi 600 per hari dan akun belum terverifikasi baru 300 per hari. Beberapa jam kemudian, jumlahnya diperbarui dengan masing-masing menjadi “10 ribu, seribu, dan 500”.

Baca Juga

Pengguna Blue tetap mendapat dampak dari kebijakan baru Musk meskipun jumlah cuitan yang dilihat lebih banyak dibandingkan pengguna biasa. Namun, sejumlah pengguna Blue tetap tidak terima atas kebijakan baru ini. Beberapa mereka menanggapinya dalam kolom balasan cuitan Musk dan menge-tweet sendiri.

“@elonmusk Anda akan membuat aplikasi ini semakin buruk. Berusahalah untuk meningkatkannya bukan merusaknya,” kata @thewildestdream.

 

“Tolong jangan merusak platform ini. Tolong selamatkan Twitter @elonmusk,” ujar @mrissi_neko.

“Selamat Elon, Anda benar-benar merusak Twitter,” ucap @hardenuppete.

"Baru kali ini scroll Twitter dengan perasaan takut, takut kena limit,\" kata @aldysuhanda_.

Sebenarnya, apa itu Twitter Blue?

Dilansir laman Gadgets Now pada Senin (3/7/2023), Twitter Blue adalah langganan berbayar yang menambahkan tanda centang biru ke akun Anda dan menawarkan akses awal untuk mendapatkan fitur eksklusif, seperti Edit Tweet. Pengguna dapat berlangganan Twitter Blue dengan membayar delapan dolar AS.

Menurut situs resmi Twitter, beberapa fitur unggulan di antaranya:

1. Edit Tweet: Memberikan Anda waktu 30 menit untuk membuat perubahan terbatas pada Tweet yang sudah dipublikasikan. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan perubahan, menandai seseorang, atau menyusun ulang media dalam Tweet Anda.

2. Iklan berkurang separuh: Anda akan melihat iklan sekitar 50 persen lebih sedikit di timeline “Untuk Anda” dan “Mengikuti.”

3. Tweet lebih panjang: Pengguna Blue dapat menge-tweet hingga 4.000 karakter. Anda juga dapat menulis Tweet yang lebih panjang di Tweet Kutipan atau balasan.

4. Pengunggahan video lebih panjang: Pengguna Blue dapat mengunggah video berdurasi hingga 60 menit dengan file berukuran hingga 2 GB (1080p) (khusus web).

Twitter Blue tersedia secara global di web, iOS, atau Android. Tidak semua fitur tersedia di semua platform. Akun Twitter yang baru dibuat harus menunggu 30 hari sebelum dapat berlangganan Twitter Blue.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement