Jumat 30 Jun 2023 21:06 WIB

Benda Paling Kotor di Dapur, tak Perlu Panik, Begini Cara Membersihkannya

Sebagian besar dapur yang dia temui tidak dibersihkan secara menyeluruh.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Peralatan dapur (ilustrasi). Setidaknya ada lima benda di dapur yang m
Foto: www.freepik.com
Peralatan dapur (ilustrasi). Setidaknya ada lima benda di dapur yang m

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kamar mandi kerap lebih bersih dibandingkan dapur, bahkan wastafel dapur sering kali lebih banyak kuman dibandingkan toilet. Seorang ahli kebersihan yang dikenal "Clean Mama", Becky Rapinchuk, mengatakan sebagian besar dapur yang dia temui tidak dibersihkan secara menyeluruh.

Melansir dari laman Huff Post, Selasa (27/6/2023), para ahli memaparkan cara cerdas untuk membersihkan beberapa bagian rumah yang paling kotor. Mereka memberi tahu apa saja yang harus dibersihkan, seberapa sering perlu dibersihkan, dan cara terbaik untuk menyelesaikannya.

Baca Juga

“Dapur yang bersih adalah pendorong suasana hati yang cepat karena seringkali merupakan jantung dari rumah,” kata pakar noda di Persil ProClean Laundry Detergent, Wendy Saladyga.

Namun, tidak semua harus dibersihkan menyeluruh dalam waktu bersamaan. Cukup pilih satu atau dua item ini untuk dibersihkan secara menyeluruh, lalu lanjutkan pekan depan ke beberapa item lain.

1. Kulkas

Mengatur waktu adalah hal penting saat hendak membersihkan alat besar. Untuk kulkas, lebih mudah dibersihkan jika sedang tidak terisi penuh. “Bersihkan bagian dalamnya sebelum pergi berbelanja, saat kulkas sedang kosong,” kata Rapinchuk.

Kulkas perlu perawatan mendasar, tetapi juga membutuhkan pembersihan mendalam dua kali setahun. Kontributor home and lifestyle Today, Jill Bauer, biasanya mengeluarkan semua benda dari kulkas, lalu menyeka semua stoples dan botol dengan kain mikrofiber.

“Mereka tidak boros dibandingkan handuk kertas untuk pekerjaan besar seperti ini. Plus, seratnya seperti scrubber mini kecil yang melonggarkan semuanya,” kata dia.

Lalu ia membersihkan bagian dalam lemari es, mulai dari atas dan terus ke bawah. Ia memiliki mangkuk kecil atau ember berisi air hangat dengan sedikit sabun cuci piring untuk menghilangkan minyak. Kemudian menaburkan soda kue langsung ke tumpahan yang keras untuk membantu mengangkatnya.

“Setelah dibersihkan sepenuhnya, saya kembali dan mengeringkan semuanya dengan kain mikrofiber yang baru,” ujar Bauer.

Ia mengatakan, jangan lupa untuk mengelap bagian luar kulkas juga. Kemudian, setidaknya setahun sekali, cabut kabel kulkas, temukan gulungannya, yang biasanya ada di bagian belakang atau bawah unit, dan gunakan penyedot debu atau sikat gulungan untuk menghilangkan kotoran. Ini adalah langkah sederhana yang dapat membantu meningkatkan efisiensi kulkas.

2. Microwave

Bauer menyarankan setiap sepekan sekali, ini dapat membuat perbedaan besar di tempat yang biasanya merupakan salah satu tempat paling kotor di dapur. Ia mengisi gelas takar Pyrex dua cangkir dengan air dan memeras jus setengah lemon.

Dia memasukkan cangkir ke dalam microwave dan menyalakannya selama lima menit. Airnya akan mendidih dengan kuat, tetapi jangan buka pintunya. Sebaliknya, diamkan selama lima menit lagi. Uap akan menumpuk dan mengendurkan semua kotoran.

“Jadi yang harus saya lakukan hanyalah mengelapnya. Tidak hanya bersih, tapi juga lebih segar,” kata dia.

3. Oven

Pakar kebersihan dari HouseWifeHowTos, Katie Berry, menyarankan untuk membuat krim kental dari soda kue dan air, lalu melapisinya ke dinding dan lantai oven, serta menghindari elemen pemanas. “Biarkan mengering, lalu isi botol semprot dengan cuka putih dan semprotkan bagian dalam oven. Ini akan mendesis, yang kemudian mengeluarkan kotoran. Seka dengan lap hangat bersabun setelah desis berhenti, lalu bersihkan dengan lap bersih dan lembap,” kata dia.

4. Mesin pencuci piring

Terkadang orang lupa bahwa benda yang digunakan untuk bersih-bersih juga perlu dibersihkan. Itu tentu saja terjadi pada mesin pencuci piring yang telah bekerja keras. Bauer menyarankan pemeriksaan filter bulanan, biasanya ditemukan di bagian bawah unit.

“Keluarkan dan bilas dengan air hangat yang mengalir,” kata dia.

Untuk membersihkan bagian dalam, dia menawarkan tips dengan mengambil cangkir Pyrex dan taruh di rak paling atas. Kemudian tambahkan satu cangkir air dan satu cangkir cuka, lalu jalankan mesin hanya dengan cangkir itu di dalamnya.

5. Pemanggang

"Mereka dapat menampung remah-remah dan puing-puing dalam jumlah yang mengejutkan. Mulailah dengan mencabut pemanggang dan membalikkannya di atas bak cuci. Ketuk bagian bawah untuk mengeluarkan remah-remah yang mungkin terkumpul di slot,” kata Berry.

Kemudian, balikkan lagi dan gunakan sikat kue atau sikat gigi bersih untuk menghilangkan bagian yang membandel yang mungkin tersangkut di dalam slot. “Selanjutnya, keluarkan baki remahan itu dan cuci di wastafel atau mesin pencuci piring, tergantung pada instruksi pabriknya. Pastikan semuanya benar-benar kering sebelum memasang kembali pemanggang,” ujarnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement