Senin 26 Jun 2023 18:37 WIB

Olahraga Malam Punya Banyak Manfaat: Usir Stres Hingga Lebih Efektif Bakar Lemak

Olahraga malam hari paling baik dilakukan oleh pria.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang pria melakukan olahraga pada malam hari (ilustrasi). Olahraga pada malam hari memiliki banyak manfaat.
Foto: www.maxpixel.com
Seorang pria melakukan olahraga pada malam hari (ilustrasi). Olahraga pada malam hari memiliki banyak manfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Waktu yang tepat untuk berolahraga selalu menjadi topik yang diperdebatkan. Beberapa pelatih kebugaran merekomendasikan bahwa berolahraga di pagi hari adalah yang terbaik, namun sebetulnya olahraga di malam hari juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dilansir laman Times of India pada Senin (26/6/2023), berikut adalah manfaat kesehatan yang didapat ketika olahraga pada malam hari:

Baca Juga

1. Bisa usir stres

Memanjakan diri dalam sesi latihan pada malam hari dapat mengurangi tingkat stres yang Anda alami sepanjang hari. Olahraga malam hari adalah aktivitas penghilang stres yang sempurna dan juga membantu tidur nyenyak pada malam hari.

2. Meredakan ketegangan tubuh

Jam kerja yang panjang membuat otot-otot tubuh menjadi kaku. Sesi olahraga pada malam hari dapat meredakan ketegangan ini dan membantu tubuh menjadi lebih rileks. Jam duduk yang panjang sering kali menghambat kemampuan tubuh untuk tidur nyenyak. Oleh karena itu, olahraga dengan intensitas sedang efektif untuk membuat Anda tertidur.

3. Memiliki lebih banyak waktu untuk berolahraga

Olahraga pada malam hari adalah pilihan yang baik karena memberi Anda lebih banyak waktu untuk berolahraga. Anda tidak perlu stres karena harus pergi ke tempat kerja atau khawatir dengan perjalanan pulang pergi. Kebanyakan orang tidak memiliki jadwal apa pun di malam hari. Ini adalah waktu terbaik untuk berolahraga.

4. Cenderung berkinerja lebih baik

Olahraga pada malam hari kemungkinan bisa dilakukan dengan lebih baik dibandingkan pagi hari. Faktor stres memainkan peran utama dalam hal ini. Pada malam hari, ketika Anda telah menyelesaikan pekerjaan, Anda akan merasa lebih tenang dan tidak terlalu banyak pikiran yang harus dipikirkan, sehingga Anda dapat lebih fokus pada olahraga.

5. Membantu pembakaran lemak lebih banyak

Berdasarkan penelitian pada 2022 yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Physiology, olahraga malam hari paling baik dilakukan oleh pria karena membantu pembakaran lemak dan meningkatkan kontrol tekanan darah. Olahraga malam hari juga meningkatkan kinerja otot pada wanita.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement