Sabtu 10 Jun 2023 07:07 WIB

Seks Menyehatkan Seperti Olahraga, Apa Saja Manfaatnya?

Berhubungan seks dengan suami/istri setidaknya mendatangkan 5 manfaat kesehatan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Hubungan seks ilustrasi). Ada begitu banyak manfaat seks bagi kesehatan.
Foto: www.freepik.com
Hubungan seks ilustrasi). Ada begitu banyak manfaat seks bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam hal menjaga gaya hidup sehat, latihan fisik bisa menjadi pilihan, seperti pergi ke gym hingga melakukan aktivitas di luar ruangan. Namun, ada satu aktivitas yang banyak orang tak sadar, sebenarnya itu bermanfaat bagi kesehatan, yaitu seks. 

Manfaat seks dengan suami/istri tidak hanya sebatas kesenangan jasmani, tetapi juga bisa meningkatkan kebugaran Anda. Konsultan penyakit dalam di Fortis Hospital Mulund, Mumbai, Shobha Subramanian Itolikar menjelaskan mengapa seks merupakan aktivitas fisik yang baik.

Baca Juga

Jika memikirkan seks, maka Anda juga harus berpikir tentang stamina dan fleksibilitas. Dilansir laman Health Shots pada Rabu (7/6/2023), berikut lima alasan seks bermanfaat bagi kesehatan:

1. Seks meningkatkan detak jantung

Detak jantung Anda dapat meningkat selama aktivitas seksual, seperti halnya selama bentuk latihan kardiovaskular atau aerobik lainnya. Otot jantung menjadi lebih kuat sebagai hasil dari peningkatan detak jantung, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, peningkatan aliran darah dapat meningkatkan suplai oksigen ke berbagai bagian tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Pembakaran kalori

Seks bisa menjadi aktivitas yang membakar kalori. Itu sebabnya melakukan hubungan intim dapat membantu membakar kalori dan berkontribusi pada manajemen berat badan. Namun, jumlah pasti kalori yang terbakar bervariasi tergantung faktor seperti durasi, intensitas, dan berat badan.

Sebuah studi kecil yang diterbitkan di jurnal Public Library of Science, PLOS One menyoroti 21 pasangan sehat berusia 20-an yang menunjukkan bahwa selama sesi seks 24 menit (termasuk foreplay), pria membakar rata-rata 101 kalori (4,2 kalori per menit), dan wanita membakar 69 kalori (3,1 kalori per menit). Meski jumlah kalori yang terbakar rendah, hal itu menunjukkan aktivitas intim ini dapat berkontribusi pada pembakaran kalori secara keseluruhan.

3. Keterlibatan otot

Seks melibatkan keterlibatan berbagai otot di seluruh tubuh. Bergantung pada posisi dan gerakan yang terlibat, Anda dapat melatih otot inti, kaki, bokong, bahkan otot tubuh bagian atas. Aktivitas seksual secara teratur dapat membantu mengencangkan dan memperkuat kelompok otot ini.

4. Pereda stres dan peningkatan suasana hati

Tidak ada keraguan bahwa seks membantu pelepasan endorfin, hormon alami yang membuat tubuh merasa nyaman. Ini secara instan meningkatkan suasana hati dengan menenangkan dan membuat merasa ringan secara mental. Waktu terbaik untuk berhubungan seks adalah hal pertama pada pagi hari.

Seks pada pagi hari bisa membuat siapa pun merasa lebih rileks, fokus, dan ceria sepanjang hari. Secara keseluruhan, berhubungan seks bisa menjadi cara untuk bersantai dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

5. Peningkatan fleksibilitas dan keseimbangan

Posisi seks tertentu sering kali membutuhkan kelenturan dan rentang gerak yang luas. Terlibat dalam berbagai posisi seks dapat membantu meningkatkan jangkauan gerak, fleksibilitas, dan stabilitas Anda. Selain itu, mungkin membantu meregangkan dan mengendurkan otot. Karena itu, aktivitas seksual secara teratur dapat meningkatkan kinerja fisik tubuh secara keseluruhan.

Perlu dicatat bahwa meskipun seks dapat menawarkan manfaat ini, seks tidak boleh dianggap sebagai satu-satunya "olahraga". Anda perlu melakukan jenis aktivitas lainnya seperti latihan aerobik dan kekuatan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan secara keseluruhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement