Senin 26 Jun 2023 11:43 WIB

15 Langkah Sehari Doang Sudah Bermanfaat untuk Kontrol Gula Darah

Kunci untuk mulai aktif secara fisik adalah dengan memulainya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Berjalan kaki (ilustrasi). Jalan kaki bermanfaat bagi kesehatan, bahkan jika cuma 15 langkah.
Foto: www.freepik.com.
Berjalan kaki (ilustrasi). Jalan kaki bermanfaat bagi kesehatan, bahkan jika cuma 15 langkah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pentingnya olahraga untuk kesehatan sama sekali tidak perlu diperdebatkan lagi. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga bisa mengurangi risiko kanker dan meningkatkan umur panjang.

Namun, sebuah survei terbaru dari Deep Freeze and Deep Heat Report yang disebut An Active Investigation menunjukkan bahwa hingga kini masih banyak orang yang tidak memasukkan olahraga ke dalam rutinitas hariannya. Tiga perempat dari responden mengakui bahwa mereka tidak cukup bergerak.

Baca Juga

"Kurangnya kesadaran akan manfaat kesehatan dari olahraga dan pedoman olahraga saat ini merupakan sebuah masalah, dengan 60 persen mengakui bahwa mereka tidak tahu apa rekomendasi pemerintah tentang olahraga," kata fisioterapis dari Deep Heat dan Deep Freeze, Sammy Margo, seperti dikutip dari Express, Senin (26/6/2023).

Padahal, menurut Margo, hanya dengan melakukan 15 langkah saja sudah cukup untuk meningkatkan kontrol gula darah dan kadar kolesterol. Menurut dia, kunci untuk mulai aktif secara fisik adalah dengan memulainya, bahkan sesederhana melakukan stretching secara berkala.

Belum lama ini, sebuah penelitian menunjukkan bahwa berdiri dan bergerak setiap 30 menit, bahkan jika itu hanya mengambil 15 langkah, akan mengaktifkan perubahan metabolisme yang meningkatkan kontrol gula darah dan kadar kolesterol. Margo mengatakan bahwa berjalan sebanyak 15 langkah akan mengaktifkan perubahan metabolisme pada otot dan jaringan lain termasuk hati, pembuluh darah, jaringan lemak dan pankreas.

"Sejumlah kecil aktivitas mengurangi peradangan pada jaringan-jaringan ini yang memfasilitasi fungsi metabolisme yang sehat. Hal ini juga mengurangi peningkatan kadar insulin yang membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement