Senin 26 Jun 2023 11:30 WIB

Enam Kesalahan Pola Makan yang Bisa Buat Tekanan Darah Melonjak

Tekanan darah tinggi dikenal juga dengan hipertensi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Bakwan dan martabak. Gorengan termasuk makanan yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi berlebihan.
Foto:

4. Diet rendah serat

Serat terkandung dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan sangat bermanfaat bagi fungsi usus. Karena itu, jika kurang makan serat akan membuat kondisi tubuh tidak seimbang, termasuk melonjaknya tekanan darah.

"Serat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan pencernaan yang sehat, mengurangi kadar kolesterol, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah," tutur Patel.

5. Minum kafein berlebihan

Terlalu banyak minum kopi atau minuman berenergi akan membuat asupan kafein jadi berlebih. Itu bisa meningkatkan tekanan darah untuk sementara dengan merangsang pelepasan hormon stres seperti adrenalin.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa minum kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah akut. "Namun, efek jangka panjang kafein pada tekanan darah masih menjadi bahan perdebatan," ungkap Patel.

6. Minum alkohol

Minum minuman beralkohol dapat meningkatkan tekanan darah dengan merangsang pelepasan hormon yang menyempitkan pembuluh darah. Kondisi itu meningkatkan aktivitas sistem saraf simpatik dan retensi natrium, berkontribusi terhadap tekanan darah yang lebih tinggi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement