Senin 19 Jun 2023 15:52 WIB

Anda Hipertensi? Tiga Makanan Ini Bagus untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Makanan tertentu bagus disertakan dalam menu harian untuk turunkan tekanan darah.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Membuat green smoothies. Sayuran hijau dapat menurunkan tekanan darah.
Foto: Prayogi/Republika
Membuat green smoothies. Sayuran hijau dapat menurunkan tekanan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan darah tinggi alias hipertensi adalah kondisi yang memiliki potensi bahaya. Jantung jadi harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Seiring waktu, hal itu dapat membuat Anda berisiko mengalami berbagai keadaan darurat medis, termasuk serangan jantung, strok, dan aneurisma. Ada sejumlah faktor yang dapat meningkatkan tekanan darah, termasuk pola makan.

Baca Juga

Di sisi lain, pola makan juga bisa digunakan untuk mencegah, mengontrol, atau menurunkan tekanan darah. Dengan pemikiran ini, konsultan ahli jantung di The Harley Street Clinic di Inggris, dr Rodney Foale secara khusus merekomendasikan empat makanan untuk menurunkan tekanan darah.

"Pola makan yang sehat dan seimbang juga akan membantu menurunkan tekanan darah, jadi usahakan untuk mengikuti pola makan tinggi serat dan rendah makanan tinggi lemak," kata Foale, dikutip dari laman Express, Senin (19/6/2023).

 

1. Kacang dan lentil

Foale menjelaskan kacang dan lentil adalah contoh bagus dari makanan berserat tinggi. Bahan makanan ini dapat dengan mudah dimasukkan ke menu harian.

photo
Penderita hipertensi sangat disarankan mengkonsumsi makanan tinggi kalium. - (Republika.co.id)

2. Ikan berminyak

Foale mengatakan ikan berlemak, seperti salmon, mengandung lemak omega-3 yang bagus untuk mengurangi peradangan dan membantu menurunkan tekanan darah.

3. Sayuran hijau

Foale menjelaskan bahwa sayuran hijau, seperti Swiss chard, memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah karena nutrisi potasium dan magnesiumnya. Mikronutrien itu terkait dengan pengaturan tekanan darah yang baik.

Secara umum, Anda tidak boleh mengonsumsi banyak garam jika memiliki atau berisiko terkena tekanan darah tinggi. Foale mengatakan asupan garam yang tinggi berarti tekanan darah yang lebih tinggi.

"Jadi cara yang sangat sederhana untuk mengurangi tekanan darah Anda adalah dengan mengurangi jumlah garam dalam makanan," ujar Foale.

Foale memperingatkan untuk berhati-hati dan memperhatikan apa yang dimakan. Jangan terlalu membumbui banyak garam saat memasak.

"Orang dewasa sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari enam gram garam per hari," kata dia Foale.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement