Kamis 25 May 2023 20:22 WIB

Kaya Potasium, Biji Rami Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Biji rami alias flax seed bermanfaat untuk kesehatan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Biji rami alias flax seed terkenal akan kandungan potasiumnya yang tinggi.
Foto: Pixabay
Biji rami alias flax seed terkenal akan kandungan potasiumnya yang tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan darah tinggi bukanlah kabar baik bagi jantung. Tekanan darah tinggi berpotensi membuat arteri kurang elastis hingga menurunkan kelancaran aliran darah dan oksigen ke jantung.

Ahli gizi terkemuka di layanan pengiriman makanan sehat Foodhak, Michele Porter, menjelaskan bahwa biji rami (flax seed) bermanfaat untuk kesehatan. Biji rami kaya akan protein, serat, dan asam lemak omega-3.

Baca Juga

Biji rami memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan. Penelitian juga mendukung bahwa makanan ini dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah.

"Pertama, biji rami tinggi potasium, yang membantu menghilangkan efek negatif natrium (atau garam) dalam makanan," kata Porter dilansir Express, Kamis (25/5/2023).

Porter menjelaskan bahwa kelebihan natrium dapat mengganggu keseimbangan air dalam tubuh. Hal itu memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan tekanan darah.

"Makan biji rami dalam bentuk utuh mengandung serat dalam jumlah yang sehat, yang diyakini melindungi lapisan sel yang melapisi pembuluh darah, sekali lagi mencegah tingkat tekanan darah melonjak," ujar Porter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement