Jumat 23 Jun 2023 21:50 WIB

Tertawa Punya Manfaat 'Ajaib' Bagi Kesehatan, Sudah Tahu Belum?

Tertawa ternyata dapat membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Tertawa (ilustrasi). Tertawa rupanya memiliki manfaat ajaib bagi kesehatan.
Foto: www.freepik.com
Tertawa (ilustrasi). Tertawa rupanya memiliki manfaat ajaib bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tertawa sering dijuluki sebagai obat terbaik. Selain bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik, tertawa juga dapat membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dari sudut pandang psikologis, tawa dapat mendorong pelepasan endorfin atau hormon yang berkaitan dengan rasa bahagia. Ketika endorfin meningkat, suasana hati akan menjadi lebih baik dan stres serta kecemasan akan menurun.

Baca Juga

"Stres merupakan bagian tak terhindarkan dari kehidupan yang moderen dan sibuk," jelas Managing Director Akums and Drugs Pharmaceuticals, Sanjeev Jain, seperti dilansir Hindustan Times pada Jumat (23/6/2023).

Tak hanya itu, tawa juga bisa menstimulasi sistem imun dengan cara meningkatkan produksi antibodi. Di saat yang sama, tawa juga dapat mengaktivasi sel-sel imun. Oleh karena itu, aktivitas tertawa turut berkaitan dengan peningkatan imunitas secara keseluruhan.

"Studi juga mengatakan bahwa menghadirkan tawa di lingkungan pekerjaan bisa meningkatkan produktivitas dan memperkuat hubungan di tempat kerja," kata Jain.

Secara ilmiah, Jain menyebut tawa terbukti dapat memberikan enam manfaat menyehatkan bagi manusia. Berikut ini adalah enam manfaat kesehatan dari tertawa yang dapat menjadi alasan bagi orang-orang untuk mulai tertawa hari ini:

1. Meningkatkan sistem imun

Tertawa dapat meningkatkan sistem imun dengan cara menurunkan hormon stres dan meningkatkan sel imun serta sel antibodi yang berperan melawan infeksi. Perubahan tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit. Tertawa juga dapat menstimulasi sistem limfatik dan membantu tubuh mengeliminasi racun hingga limbah dari jaringan tubuh.

2. Menurunkan stres

Tertawa bisa memperbaiki kesejahteraan dengan cara menstimulasi peningkatan hormon pereda stres, seperti epinefrin dan dopamin. Aktivitas tertawa juga dapat mengoksigenasi tubuh sekaligus menjadi media pelepasan secara fisik dan emosional. Dengan begitu, otot-otot di tubuh bisa menjadi lebih rileks.

3. Menunjang kesehatan jantung

Tertawa akan meningkatkan detak jantung dan jumlah oksigen di dalam darah. Karena itu, tertawa dapat menjadi bentuk latihan yang baik dan bisa memberikan efek kesehatan yang sama seperti berjalan kaki selama satu jam. Karena dapat memompa jantung dan melindungi pembuluh darah, tertawa juga bisa meningkatkan fungsi vaskular dan menurunkan risiko serangan jantung.

4. Membakar kalori

Tertawa bisa menjadi salah satu cara untuk membantu pembakaran lemak. Seperti diketahui, salah satu efek samping yang umum dari stres berkepanjangan adalah kenaikan berat badan.

Tentu, tertawa tak bisa menggantikan peran olahraga dalam upaya menurunkan berat badan. Akan tetapi, tertawa bisa membantu membakar kalori. Studi yang dilakukan oleh Vanderbilt University Medical Center mengungkapkan bahwa tertawa selama 10-15 menit per hari dapat membakar sekitar 10-40 kalori.

5. Membuat perasaan lebih baik

Tertawa dapat menjadi distraksi yang baik dari situasi penuh tekanan. Dengan tertawa, otak akan mendapatkan jeda istirahat dari pemikiran-pemikiran yang penuh kekhawatiran. Menonton film yang lucu bisa menjadi salah satu bentuk distraksi ketika seseorang merasakan kesedihan atau kecemasan dan ingin merasa lebih baik.

6. Memperkuat ikatan

Tertawa bisa memperkuat hubungan dengan orang lain. Banyak orang juga merasa bahwa tertawa merupakan hal yang menular. Berbagi tawa dengan keluarga, teman, atau rekan kerja dapat memunculkan rasa saling terhubung dan dekat.

Jain mengatakan, setiap orang memerlukan tawa di tengah kehidupan yang penuh dengan keseriusan. Oleh karena itu, Jain menganjurkan orang-orang meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang bisa meredakan stres dan mengundang tawa. Beberapa contoh dari aktivitas tersebut adalah menonton video lucu, makan bersama orang lain, atau berkumpul bersama teman.

"Bahkan pada hari ketika humor terasa sulit dipahami, menemukan alasan untuk tersenyum bisa mencerahkan hari Anda," ujar Jain.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement