Kamis 22 Jun 2023 14:27 WIB

Sebelum Naik Kapal Selam Titanic, Penumpang Diminta Sepakati Surat 'Pertaruhan Hidup'

Penumpang dikenakan biaya Rp 3,7 miliar agar bisa menjejajahi reruntuhan Titanic.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Kapal selam Titan yang menjelajahi reruntuhan Titanic. Sebelum naik, penumpang diminta menyetujui beberapa persyaratan.
Foto:

4. OceanGate sengaja menghindari peraturan AS

Salah satu penandatangan surat tersebut, Bart Kemper, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa OceanGate secara diam-diam dan sengaja menghindari keharusan untuk mematuhi peraturan AS tertentu, dengan menempatkan kapal di perairan internasional. Seorang profesor sejarah maritim di Universitas Campbell, North Carolina, Salvatore Mercogliano, juga mengatakan kebenaran ini pada New York Times. Titan, yang dimiliki oleh perusahaan AS, dimuat ke kapal Kanada dan kemudian dimasukan ke dalam Atlantik Utara.

Salvatore mengatakan, ini berarti tidak perlu mendaftar ke suatu negara, mengibarkan bendera, atau mengikuti aturan yang berlaku untuk banyak kapal lain. “Ini seperti sebuah perahu di belakang sebuah trailer. Polisi akan memastikan trailer tersebut memenuhi persyaratan untuk berada di jalan, tetapi mereka benar-benar tidak akan melakukan pemeriksaan perahunya,” kata Salvatore kepada surat kabar tersebut.

5. Masalah teknis sebelumnya

OceanGate berhasil melakukan perjalanan yang sama beberapa kali pada 2021 dan meskipun tidak ada kematian, banyak masalah keamanan tercantum dalam gugatan. Seorang pengacara, David Concannon, dan orang yang memutuskan menarik diri pada perjalanan tahun ini di menit terakhir, menulis dokumen gugatan yang diajukan ke Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Timur Virginia.

“Pada penyelaman pertama menuju ke Titanic, kapal selam mengalami masalah baterai dan harus dipasang secara manual ke platform pengangkatnya,” tulis dia dalam gugatan tersebut. Dia juga mengatakan kapal selam mengalami kerusakan sedang pada bagian luarnya, dan OceanGate harus membatalkan salah satu misinya agar dapat melakukan perbaikan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement