Kamis 22 Jun 2023 00:04 WIB

Viral Motor Meledak Saat Isi Bensin di SPBU Malang, Apa Saja Kesalahan Pengendara?

Pengendara menggoyangkan motornya, tidak turun dari jok saat isi bensin.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Pengendara antre mengisi bensin di SPBU (Ilustrasi). Satu unit motor hangus setelah meledak saat proses pengisian bensin di SPBU Tlogomas, Malang, Jawa Timur.
Foto:

Jika masih berada di atas motor saat kebocoran terjadi, pengendara maupun sistem kelistrikan yang mungkin sudah tidak prima bisa terkena bensin yang tumpah. Ini memungkinkan terjadinya percikan api dari sistem kelistrikan sepeda motor.

"Ada kemungkinan terjadinya percikan api dari sistem kelistrikan sepeda motor yang mungkin sudah tidak prima yang bisa terjadi saat menyentuh nozzle bensin dengan bagian dalam tangki yang mengandung uap bensin," jelas Yannes.

Yannes mengatakan turun dari motor membantu mengurangi risiko kontak langsung antara pengendara dan percikan api yang mungkin terjadi. Dia mengingatkan agar masyarakat selalu menghindari untuk mengikuti prakti-praktik tidak aman atau berdasarkan mitos dalam pengisian bensin sepeda motor.

"Yang terbaik adalah mengikuti prosedur pengisian bensin yang disarankan oleh produsen kendaraan dan petunjuk keamanan di SPBU," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement